Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Raperda Rancangan Umum Energi Daerah, Menjaga SDA dari Aksi Penguasaan Asing

 
26 Juli 2019

Raperda Rancangan Umum Energi Daerah, Menjaga SDA dari Aksi Penguasaan Asing

Sembilan Fraksi  DPRD Provinsi Jawa Timur menerima Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2019-2050 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) pada Rapat Paripurna, Jum’at, 26/7.

Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi menyampaikan dengan raperda yang dibahas diharapkan mampu menjaga dari aksi penguasaan energi oleh asing. "Karena bisa berujung pada ketidakadilan sosial bagi rakyat Indonesia," terang Kusnadi.

Kusnadi yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan menambahkan, sektor energi  adalah salah satu sektor yang sangat diicar oleh perusahaan multi nasional milik asing dalam rangka meraih keuntungan bagi mereka sendiri. "Ini bentuk kolonialiseme modern yang harus diwaspadai," tegas dia.

Rencana umum energi daerah Provinsi juga penting untuk mempertahankan rasio elektrifikasi 100 persen di Jawa Timur, minimal hingga tahun 2050.

Ia menambahkan kebutuhan energi seiring dengan pertumbuhan penduduk dan industri. "Oleh karenanya perlu dibarengi dengan peningkatan suplai energi," tegas dia.

Sementara itu, Tjutjuk Sunario Wakil.Ketua DPRd Jatim dari Fraksi Partai Gerindra menjelaskan, isu spesifik dan permasalahan umum sektor energi adalah dampak lingkungan akibat produksi dan konsumsi energi.

Tjutjuk mencontohkan bahwa penggunaan batu bara di kawasan industri mempunyai pengaruh besar terhadap emisi gas rumah kaca. "Kami berharap pengunaan industri dan pemanfatan energi terbarukan yang merupakan energi yang lebih ramah lingkungan," tandas dia.

Tjutjuk menjelaskan, pembangunan energi terbarukan dengan cara melakukan konservasi energi terbarukan. (boim)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved