Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Mensejahterakan Masyarakat Melalui Ekonomi Mandiri

 
20 Maret 2013

Suara Indrapura : Nama Hery Prasetyo, SPd tidak asing lagi bagi masyarakat di daerah pemiliihan Lumajang dan Jember Jawa Timur. Politisi dengan gaya merakyat ini sudah terbiasa membaur dengan masyarakat kecil. “Setiap kita turun ke lapangan, kita selalumenjaring kebutuhan masyarakat yang kita wakili. Mulai urusan ternak, sampai masalah infrastruktur jalan rusak harus segera ditangani,” kata Hery.

Ia menceritakan, ada beberapa masyarakat yang ingin diberi pengetahuan serta bantuan ternak kambing, sapi dan sejenisnya. Karena hal ini sesuai dengan kesibukan keseharian penduduk di desa yang rata-rata bercocok tanam dan beternak. “Melalui dana hibah provinsi, kita bantu untuk mendapatkan bantuan ternak sesuai keinginan mereka. Seperti yang sudah dilakukan di desa Kalisat, Sumber Jambe, Balung Kecamatan Ambulu, Jember. Lalu di Lumajang tepatnya di kecamatan Senduro dan kecamatan Padang,”papar Hery.

Lanjut anggota komsi E DPRD Jatim ini, kebanyakan dari mereka lebih senang beternak kambing. Dari segi bantuan sendiri, bila ternak kambing bisa mendapat lebih banyak, sedangkan ternak sapi tidak bisa dalam jumlah banyak karena harga per ekornya jauh lebih murah kambing. “Demi pertimbangan pemerataan, kita lebih banyak memberikan bantuan berupa kambing,” tukasnya. Mereka, kata Hery, akan diberi kemandirian untuk mengembangkan ternak tersebut. “Kita tidak ingin sekedar memberi ikan, tapi juga kita berikan pancingnya. Kita laporkan secara kontinyu, pemprov yang akan melakukan monitoring, supaya program tersebut bisa berjalan dengan baik,” jelas Hery.

Ditambahkannya, setiap kali reses, ada juga yang minta jalan agar diperbaiki. Seperti yang diminta warga di kecamatan Pasirian- Lumajang. Lalu warga di Desa Manggisan Kecamatan Tanggul Jember. Mereka ingin jalan yang awalnya makadam minta di paving. “Sebagai wakil rakyat ya kita perjuangkan dan segera ditangani pemerintah provinsi dan masyarakat bisa merasakan pembangunan di Jatim ini,” ujarnya.

Selain itu, pemberdayaan ekonomi mandiri yang dilakukan Hery adalah memberikan pinjaman usaha kepada para pedagang sayur. Dimulai dari pinjaman Rp 100 ribu kepada mlijo-mlijo di Jember dan Lumajang yang kemudian menjadi dana bergulir. Saat ini, program yang diberi nama BANJIRI (Bantuan Kaji Hery) ini sudah berjalan di 20 kecamatan Lumajang serta Jember. “Mereka rata-rata untuk pengembangan usaha berdagang sayur dan lain sebagainya, tanpa bunga seperti rentenir,” pungkasnya.(Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved