Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pemandangan Umum Sembilan Fraksi tentang Perubahan Ke-6 Raperda Penyertaan Modal

 
14 Agustus 2019

Pemandangan Umum Sembilan Fraksi tentang Perubahan Ke-6 Raperda Penyertaan Modal

Sembilan Fraksi DPRD Jawa Timur menyampaikan pandangan umum (PU) terhadap Raperda Perubahan Ke Enam Penyertaan Modal di Sidang Paripurna, Rabu (14/8).

Soenarjo Wakil Ketua DPRD Jawa Timur mengatakan,  kebutuhan perubahan terhadan Raperda tentang Perubahan Ke Enam atas Perda Nomor 8 Tahun 2013 tentang penyertaan modal menjadi keharusan. Karena itu menyangkut langkap Pemprov Jawa Timur mengambil prakarsa mengatasi problem kapital di daerah, khusudnya perbankan Syari’ah.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini mengingatkan agar kebijakan perubahan perda 14/2013 tentang Penyertaan Modal bisa memperbaiki kinerja manajemen PT Bank Jatim Syariah kedepan.

"Kita berhatap ada legitimasi kuat terhadap penyertaan modal untuk menyehatkan perusahaan milik daerah. Langkah ini, juga diikuti dengan ketentuan perundang-undangan," tandas Soenarjo yang juga politisi Partai Golkar.

Soenarjo menegaskan bahwa Pemprov Jatim dan DPRD Jawa Timur berkomitmen mewujudkan niatan mulia untuk mendorong lembaga keuangan suariah. "Niatan ini dirintis sejak tahun 2007 dengan berdirinya unit usaha syariah dalam operasional Bank Jatim," tegas dia.

Sebagai politisi senior dan lama bergelut di eksekutif, Soenarjo mendorong Pemprov Jawa Timur terus melakukan konsultasi dengan  regukator mauoub pelaku sektor perbankan, termasuk dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Secara prinsip memeperhatikan pemenuhan peraturan perundang-undangan, termasuk pertimbangan penguatan dari berbagai aspek. Sehingga membawa dampak positif yang dimungkinkan menurut peraturan perundang-undangan," tegas dia.

Karena penyertaan modal menjadi 'darah segar' terhadap BUMD untuk semakin meningkatkan kinerja.

Secara spesifik Raperda tentang Perubahan Keenam  Perda Nomor 8 Tahun 2013 adalah penyertaan modal kepada PT Bank Jatim Syariah (Perseroda) sebesar Rp 525 miliar yang dilaksanakan paling lambat pada tahun 2023.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved