Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Mengurangi Pengangguran Dirikan Pabrik

 
20 Maret 2013

Suara Indrapura : Tingginya jumlah pengangguran dari tahun ke tahun, membuat prihatin kader PKS Jatim asal dari daerah pemilihan . Karenanya sebagai AnggotaKomisi B DPRD Jatim yang berlatarbelakang sebagai seorang pengusaha, mendorong Artono untuk mendirikan pabrik disetiap desa. Otomatis jika disetiap desa ada pabrik selain dapat mengurangi jumlah pengangguran dan urbanisasi, sekaligus dapat mengangkan perekonomian penduduk disekitarnya. Dimana saat ini ada sekitar 10 desa yang dalam pelaksanaan pembangunan pabrik. Diharapkan berdirinya pabrik tersebut  mampu menekan angka pengangguran sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Banyak efek dominan yang dihasilkan dari pendirian pabrik di satu desa. Selain menekan jumlah angka pengangguran sekaligus menekan angka urbanisasi serta meningkatkan perekonomian mereka. Ini karena disekitar pabrik akan tumbuh PKL. PKL tumbuh karena daya beli masyarakat disana naik dan otomatis hal ini akan meningkatkan pendapatan mereka.  Dan harapan angka kemiskinan di Jatim turun akan tercapai," lanjut pria asli Lumajang ini.

Untuk saat ini, tambahnya ada beberapa pabrik yang sudah berdiri, diantaranya memanfaatkan limbah daun jagung. Jika sebelumnya daun jagung menjadi limba atau pakan ternak yang tak membawa manfaat ekonomi kali ini dapat digunakan sebagai bahan pembuat breket yang mampu meningkatkan pendapatan mereka.

"Memang saat ini masih ada di Lumajang, dan kemungkinan akan dikembangkan dibeberapa desa. Dimana para petani jagung berduyun-duyun menjual daun jagung ke pabrik untuk dikirim ke Jepang sebagai bahan pembuat breket. Dimana setiap kilonya saya hargai Rp500 ribu. Dan syukur ada tambahan pendapatan bagi mereka sekarang ini," papar pengusaha sukses dibidang logam ini dengan bangga.

Melihat kesuksesan tersebut, dirinya akan terus mengembangkan potensi tersebut lewat turun di masyarakat lewat jaring aspirasi masyarakat (Jasmas). Disisi lain, pihaknya pemerintah juga mendorong pendirian pabrik-pabrik di desa diantaranya dengan menggandeng para pengusaha yang peduli terhadap perekonomian di pedesaan. Mengingat banyak sekali limbah hasil pertanian yang belujm dimanfaatkan secara optimal yang notabene dapat menghasilkan penghasilan tambahan bagi para petani di Jatim. (Fafa)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved