Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dorong Pemkab Realisasikan Tangkis Pemecah Ombak

 
19 Maret 2013

Suara Indrapura : Sebagai anggota dewan yang diberangkatkan dari dapil X (Gresik dan Lamongan), Ali Mu’tie,SE.,MEI sangat trenyuh dengan kondisi masyarakat yang hidup di pesisir pantai. Mengingat setiap musim hujan yang diiringi dengan ombak tinggi ternyata banyak perahu penduduk yang hilang atau pecah akibat bertabrakan antara satu dengan yang lain hingga terbalik.

Melihat kenyataan tersebut, pria yang juga Anggota Komisi A DPRD Jatim mendesak untuk segera dibangun tangkis pemecah ombak disekitar pesisir pantai. Dengan begitu, para nelayan sudah tidak khawatir lagi perahunya hilang atau rusak akibat dimakan ombak tinggi.

"Yang jelas mereka dirugikan puluhan juta rupiah. Untuk itu pembangunan tangkis pemecah ombak mendesak segera direalisasikan. Adapun untuk anggarannya dapat dilakukan sharing antara Pemprov Jatim serta Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik,’’tegasnya.

Selain soal pembangunan tangkis pemecah ombak, pihaknya berharap ada bantuan genset.Pasalnya, setiap hujan tiba yang disertai dengan angin kencang maka dipastikan penerangan di wilayah tersebut mati. Akibatnya, para nelayan tidak bisa mengontrol perahunya. Yang terjadi banyak yang hilang tertelan ombak.

"Untuk itu kebutuhan akan genset juga mendesak. Kami di dewan akan mengajukan pembelian genset ini kepada Pemprov Jatim dalam tahun ini. Atau paling tidak hilangnya perahu para nelayan dapat diminimalisir,’’paparnya.

Disisi lain, Ali Mu’tie menyoroti soal luapan air dari Kali Lamong disetiap musim hujan tiba selalu membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat Lamongan dan Gresik. Banjir bandang selalu mewarnai kehidupan mereka. Akibatnya, banyak dari penduduk yang kehilangan harta maupun nyawa.

Sementara pengerukan tidak bisa menyelesaikan masalah. Salah satu solusinya adalam pembuatan waduk. ‘’Kepada dua kabupaten Lamongan dan Gresik seharusnya duduk bersama untuk mencari solusi jangka panjang. Pembanguna Waduk adalah sebuah bentuk penyelesaian. Selain untuk menampung air hujan dan luapan air dari Kali Lamong saat hujan tiba sekaligus dapat digunakan untuk irigasi bagi tanah pertanian warga sekitar saat musim kemarau,’’papar pria yang juga politisi dari PAN Jatim ini.(Fafa)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved