Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Badan Kehormatan Dibagi Rata Sesuai Jumlah Fraksi

 
10 Oktober 2019

Badan Kehormatan Dibagi Rata Sesuai Jumlah Fraksi

Setelah ditetapkan Tatib DPRD Jatim periode 2019-2024, rapat paripurna dilanjutkan dengan pembentukan Alat Pembentukan Dewan (AKD). Yang meliputi Komisi, Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Badan Kehormatan (BK).  “Khusus Badan Kehormatan anggotanya dipilih dari dan oleh anggota DPRD Jatim. Setiap fraksi mengusulkan masing-masing satu untuk menjadi anggota BK. Karena jumlah anggota BK yang dibutuhkan 9 dan jumlah fraksi juga 9 artinya semua kebagian dan dibagi rata sesuai kesepakatan bersama,” ujar Wakil Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar yang menjadi pimpinan rapat paripurna, Kamis (10/10).

Halim menambahkan DPRD Jatim telah membuat tradisi dalam menentukan pimpinan di AKD melalui sistem musyawarah. Yakni dengan sistem pembagian proporsional kolegial, bukan proporsional terbuka atau tertutup. “Tiap komisi mengedepankan azas musyawarah mufakat dalam menentukan pimpinan komisi,” jelasnya.

Diketahui berdasarkan peraturan pemerintah dan hasil konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), jumlah anggota masing-masing komisi sebanyak 23 orang. Pasalnya dari 120 anggota dikurangi 5 orang pimpinan dewan tinggal 115 orang dibagi 5 komisi sehingga ketemunya 23 orang.

Sementara itu, usai paripurna Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak sangat mengapresiasi dengan terbentuknya AKD DPRD Jatim periode 2019-2024 ini. Ia optimistis pembahasan APBD 2020 bisa selesai tepat waktu setelah ini. “Karena kalau terjadi kemoloran penetapan apbd 2020 berdampak sanksi saksi tidak turunnya gaji legislatif dan eksekutif selama 6 bulan. Selain itu juga akan menganggu pembangunan di Jatim,” pungkasnya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved