Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Relokasi bagi Warga Sekitar Bengawan Solo

 
19 Maret 2013

Suara Indrapura : Musibah banjir yang kerap terjadi di sepanjang aliran sungai Bengawan Solo mendapat perhatian utama Drs. Kodrat Sunyoto, SH, M.Si anggota DPRD Jatim dari Daerah Pemilihan Jatim X (Gresik-Lamongan). Pasalnya, banjir langganan yang setiap tahun hadir ketika musim hujan tinggi ini, selalu menyusahkan warga yang hidup di bantaran kali terpanjang di Jawa itu.

Kodrat mengatakan, relokasi warga bantaran bengawan solo sebanyak 154 KK hingga kini belum tuntas. “Mereka mengingkan relokasi dipercepat, hanya masalah lahan pengganti yang belum tuntas. Disini Lahan ada di kewenangan pemprov dan pemkab,” kata Kodrat.

Pihaknya sebagai anggota DPRD asal Lamongan-Gresik yang sebagian daerahnya ikut dialiri Sungai Bengawan Solo mendesak kepada pemerintah segera menyelesaikannya. “Masalah ini sudah kita laporkan melaui hasil reses. Kita laporkan tersendiri ke Gubernur untuk segera menindaklanjuti,” ungkapnya.

Ia berharap, relokasinya jangan terlalu jauh dengan kampung yang lama. Relokasi yang terlau jauh, akan mengahbat kesejahteraan warga. “Relokasi jangan sampai menimbulkan masalah baru. Harus cari jalan terbaik,” tambah politisi asal Partai Golkar ini. Kodrat mengatakan, warga bantaran sungai bengawan Solo terbanyak ada di daerah Lamongan. Seperti di Desa Plangwot, Kecamatan Laren, Lamongan.

Disatu sisi, seusai hasil Jasmas sebelumnya, Kodrat menilai kesejahteraan Nelayan juga perlu diperhatikan. Seperti nelayan di Paciran dan Brondong. Melalui, bantuan prasarana mempermudah mencari ikan. “Pemerintah diminta ada solusi ketika angin kencang, nelayan tidak bisa melaut ini bagaimana. Bisa diberi alternatif usaha lain untuk mendukung kesejahteraan,” pungkas politisi murah senyum ini. (Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved