Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perangkat Desa Supaya Kelola Keuangan dengan Baik

 
09 Desember 2019

Perangkat Desa Supaya Kelola Keuangan dengan Baik

Pemerintah pusat telah menggelontorkan triliunan rupiah untuk seluruh desa di Jawa Timur. Tiap-tiap desa mendapat kucuran dana cukup besar. Rata-rata sebesar Rp. 1 miliar pertahun. Lebih dari cukup untuk membangun desa.

Desa-desa yang inovatif sukses melakukan pembangunan kampung lewat anggaran tersebut. Ada desa wisata, badan usaha milik desa (BUMDes), atau sektor-sektor lain yang memiliki dampak kesejahteraan cukup besar bagi warga desa.

Namun, tak sedikit pula yang stagnan. Tidak bisa memanfaatkan anggaran jumbo itu. Imbasnya, anggaran ngendon tak terpakai. Ada yang lebih fatal lagi, anggaran dana desa habis, sementara tidak ada wujud pembangunan sama sekali. Anggarannya dikorupsi oleh perangkat desa.

Nah, mengantisipasi hal itu, Anggota Komisi A DPRD Jatim Lilatul Qodriyah mengingatkan kepada kepala desa di wilayah Jember dan Lumajang untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Dia ingin, kepala desa mampu membuat perencanaan dan membelanjakan anggaran sesuai program.

“Jangan sampai ada kepala desa dipenjara gara-gara salah dalam mengelola anggaran. Maka cermat dalam keuangan penting sekali. Lakukan pembukuan dengan baik. Sesuai SPJ, sehingga tidak timbul masalah di kemudian hari,” kata politisi PKB ini.

Menurut Laila, pemahaman dalam mengelola anggaran sangat perlu. Semua penanggung jawab anggaran harus mampu membuat perencanaan yang bagus, melaksanakan program sesuai ketentuan, serta membuat pelaporan yang tepat.

“Bila ini dilakukan dengan baik, maka mereka (Perangkat desa) akan selamat dan misi pembangunan desa sukses,” kata anggota DPRD dari daerah pemilihan Jember-Lumajang ini.

Karena itu, lewat agenda reses ini pihaknya akan melakukan pendampingan ke sejumlah daerah berkenaan dengan pengelolaan dana pembangunan desa itu. “Kami juga akan koordinasikan dengan biro pemerintahan Provinsi Jatim untuk membantu penanganan ini,” katanya.

Khusus untuk program pembangunan, Lailatul berharap alokasi dana desa bisa dimanfaatkan betul oleh masyarakat, terutama untuk program pengentasan kemiskinan. Sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

“Di pelosok-pelosok masih banyak masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Mereka ini harus didongkrak. Karena itu, perangkat desa harus pandai membuat program bagus. Sektor apapun bisa digarap. Karena di Jember dan Lumajang ini mayoritas petani, maka buat program yang bisa membuat produksi pertanian mereka meningkat,” pesannya.

Di luar itu pihaknya juga akan membantu mengomunikasikan kebutuhan tersebut dengan pemerintah provinsi maupun pusat. Terutama menyangkut kebutuhan infrastruktur pertanian, seperti kebutuhan irigasi, sistem distribusi pupuk, hingga infrastruktur lainnya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved