Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Paripurna Laporan Dapil Terhadap Hasil Reses

 
06 Februari 2020

Paripurna  Laporan Dapil Terhadap Hasil Reses

Seusai melakukan kegiatan reses I Tahun 2019, anggota DPRD Jawa Timur menggelar rapat paripurna meliputi dapil satu sampai dapil 14 se wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur.

Pimpinan sidang Paripurna, Sahat Tua Simandjuntak menyampaikan, laporan hasil reses dilakukan setelah melakukan kegiatan reses. Laporan paripurna berdasarkan hasil badan musyawarah (BANMUS) setelah melakukan kegiatan reses. "Laporan hasil reses disampaikan perwakilan dari masing-masing perwakilan dapil," terang Sahat, Kamis (6/2/2020) .

Politisi Partai Golkar ini menbahkan, sehingga laporan hasil reses tidak ada kegiatan dialog. "Jika ada persoalan di kegiatan reses, silahkan anggita dapil mengkomunikasikan diinternal dapil masing-masing. Dan Paripurna hanya menyampaikan hasil kegiatan reses yang dilakukan anggota dewan," tegas dia.

Sahat Tua Simandjuntak yang juga Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Timur ini, menambahkan, dirinya menyampaikan terkait masukan, kritikan di kegiatan reses tidak disampaikan dalam ruang paripurna. "Karena itu ada wadahnya sendiri di komunikasikan di internal dapil. Sebab ruang paripurna adalah memformalkan hasil konstitusi dari bawah," kata Sahat.

Terkait adanya protes dari anggota DPRD Jatim, Sahat tidak menyalahkan sikap dari lembaga legislatif. Sebab untuk menyampaikan pendapat dijamin oleh undang-undang. "Namun begitu di dalam sidang paripurna tidak ada dialog. Terkait adanya masukan, kritikan, ataupun menyampaikan pendapat dijamin oleh undang-undang," tegas dia.

Meski begitu dalam tata tertib DPRD Jawa Timur, lanjut Sahat Tua Simandjuntak, terkait susunan administrasi  (susma) sudah diatur dalam tata tertib dewan yang mengatur tatacara beracara di dalam rapat paripurna.

Seperti diketahui, DPRD Jawa Timur menggelar rapat paripurna laporan hasil reses I Tahun 2019. Paripurna ini diikuti 120 anggota legislatif dengan menyampaikan sejumlah temuan di masyarakat

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved