Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dapil I Usul Kurangi Potensi Banjir

 
06 Februari 2020

Dapil I Usul Kurangi Potensi Banjir

Anggota Dapil I menyampaikan aspirasi warga Kota Surabaya yang merasakan dampak banjir belakangan ini. Sehingga pada setiap musim hujan, di Surabaya hanya tergenang beberapa saat, tidak lama air akan surut mengalir.

Jubir Dapil I, Agatha Retnosari menyampaikan  beberapa drainase di pinggir Kota Surabaya dengan batas Kabupaten Sidoarjo menunggu antrean perbaikan. Seperti sakuran di Kelurahan Pagesangan. "Juga di kawasan Kurahan Mono, masih nampak kotor dan bau. Karena pengendapan lumpur dan sampah. Ini diperlukan kerja keras pemerintah memperbaiki saluran drainase," terang Aghata, Kamis (6/2/2020).

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, Pemerintah Kota Surabaya didorong lebih memperhatikan terhadap perlindunga , pelestarian air tanah. "Kami mendorong daya dukung lingkunga , yang disebabkan beban pembangunan infrastruktur diatas permukaan tanah. Bencana tanah ambles sudah sering terjadi di Kota Surabaya, terutama di wilayah Surabaya Utara (kawasan Bozem Morokrembangan), dan kawasan tengah kota ( Jalan Gubeng)," terang dia.

Koordinator Dapil I, Agustin Poliana menyampaikan, perlu rekomendasi program kegiatan pengerukan dan pembersihan saluran air, dan pembongkaran penutup beton permanen oleh masyarakat diatas salura. Di seluruh kampung di dapil I. "Termausk pemutakhira. Data tentang daya dukung permukaan tanah," tandas dia. (boim)

Dapil IV Tumbuhkan Ekonomi Kawasan

Wilayah dapil 4 meliputi Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi merupakan kawasan tapal kuda yang potensi alamnya sangat bagus. Untuk menumbuhkan ekonomi kawasan, Agung Mulyono anggota DPRD Jawa Timur bersama anggota daerah pilihan (dapil) 4 mendorong dikembangkannya potensi alam sebagai daya tarik wisata.

"Program destinasi wisata , seperti kawasan Selingker Ijen dapat dikelola untuk menopang ekonomi pedesaan. Terutama bagi usaha mikro dan mwnegah disekitar bisa terangkat produknya, ini butuh peran serta pemerintah," kata anggota Fraksi Demokrat asal dapil 4, dr Agung Mulyono, Kamis (6/2/2020).

Termasuk sentuhan di bidang pertanian. Sebab hasil tani masyarakat masih jauh dari harapan. Sebab setiap musim kemarau panjang, dampak gagal panen selalu terjadi. "Pemerintah harus bisa memberikan solusi dan fasilitas ketika menghadapi musim kemarau panjang," tegas dia.

Lanjut Agung Mulyono adanya kebutuhan air bagi lahan pertanian snagat dibutukan. Karena di wilayah dapil 4, sistem pertanian maaih mengandalkan tadah hujan

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved