Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Bentengi Diri Dari Virus Corona # Fraksi PDI-P Dorong Perda Obat Tradisional

 
16 Maret 2020

Bentengi Diri Dari Virus Corona

# Fraksi PDI-P Dorong Perda Obat Tradisional

Merebaknya wabah Corona atau covid 19 semakin membangkitkan DPRD Jawa Timur untuk mendorong  Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perlindungan Obat Tradisional menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Salah satu inisiasi ini disampaikan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Rapeda yang menjadi usulan legislatif ini, dikatakan ketua Fraksi PDI-P Jawa Timur, Sri Untari sangat pas untuk melawan mewabahnya virus Corona yang menakutkan sebagaian masyarakat di belahan dunia.

"Rakyat jangan terpuruk karena endemik Corona menghantui seluruh dunia. Jawa Timur mempunyai potensi memperbaiki kesehatan masyarakat dengan obat-obatan tradisional," terang Sri Untari, Senin (16/3/2020).

Meningkatkan pemanfaatan obat tradisional untuk  pencegahan pengobatan perawatan dan pemeliharaan kesehatan di daerah. Mendorong Reperda menjadi peraturan daerah (perda), lanjut Sri Untari harus dilakukan.

Menurut dia, kelebihan tanaman obat tradisional ternyata mampu menangkal wabah virus yang akan masuk ke tubuh manusia.  "Yang menjaga kesehatan, dan hidup bersih," tutur dia.

Berdasarkan data, Jawa Timur memiliki produksi tanaman biofarmaka terbanyak. Dengan jumlah industri 18 dan usaha kecil sebanyak 242 yang memproduksi obat herbal. Tanaman biofarmaka adalah tanaman yang bermanfaat, termasuk untuk obat-obatan atau digunakan dari bagian-bagian tanaman seperti daun, batang, buah, umbi (rimpang) ataupun akar.

Sri Untari sebagai pengendara Fraksi PDI Pejuangan menegaskan Raaperda tentang Perlindungan Obat Tradisional sangat kontekstual. Sebab Corona sekarang menurut WHO sebagai endemi. "Dimana situasi ini menjadi perhatian seluruh negara. Usulan perda menjadi sesuatu yang sangat penting, dan eksekutif serta legislatif segera menyelesaikan rancnagan perda inienjado peraturan daerah.

Dirinya juga mengingatkan warga Jawa Timur untuk lebih memperbaiki kualitas hidup, dengan melakukan imonitas tubuh. "Ini penting yang didapat melalui curkuma. Seperti empon-empon, jahe, kunyit, dan tanaman obat herbal lainnya. Tujuannya untuk memperkuat daya tahan tubuh," tegas dia.

Sri Untari yang juga anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, menjelaskan seluruh fraksi telah memberikan apresiasi, dukungan dan tanggapan positif atas usul Raperda yang diprakarsa oleh  Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur. "Draf Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur tentang Perlindungan Terhadap Obat Tradisional diharapkan dapat memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur," terang Untari.

Jika penguatan tanaman obat tradisional bisa dilindungi dengan perda, dirinya yakin dibalik mewabahnya Corona ada manfaat disisi perkuatan ekonomi. Apalagi impor buah dari luar negeri tidak lagi masuk ke Indonesia. "Ini kesempatan produk lokal bisa menguasai pasar sendiri. Dengan pola ini, petani lokal akan bisa sejahtera," tutur dia

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved