Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim : Antisipasi Kecurangan Unas 2013

 
15 Maret 2013

Suara Indrapura : Ditengah polemik persiapan Ujian Nasional (Unas) tahun 2013, persoalan modus kecurangan dalam pelaksanaan Unas April mendatang juga disoroti oleh komisi E DPRD Jatim. Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Fuad Mahsuni mengatakan, pengawas unas merupakan titik lemah terjadinya kebocoran soal yang menjadi rahasia negara. Dengan demikian hal ini sebaiknya segera disikapi dan harus diperbaiki.

“Pertanyaannya siapa yang akan mengawasi pengawas dana Unas nanti? Jika memang perguruan tinggi, apa benar mereka bisa melakukan pengawasan di daerah pegunungan atau pelosok,” ujarnya, Rabu (13/3).

Politisi Fraksi Kebangkitan Bangsa ini juga menyatakan, hingga kini belum mengetahui jumlah pengawas dari perguruan tinggi yang akan turun ke sekolah-sekolah dalam pelaksanaan Unas. Hal ini dikarenakan SK pengawas perguruan tinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum turun.

Selain itu, Fuad juga meragukan kinerja pengawas perguruan tinggi yang hadir di sekolah dalam pelaksanaan Unas. Dengan demikian, perguruan tinggi yang ditugasi menjadi koordinator pengawasan Unas akan dipanggil oleh komisi E. Mengingat dalam pelaksanaan unas tahun ini terdapat perbedaan yang mencolok dari tahun lalu. Dahulu, pengawas yang merupakan guru SMA bertugas di sekolah SMP, sekarang sudah sederajat. Begitu juga guru SMP dan SD mengawasi unas sesuai jenjang pendidikan masing-masing. “Artinya guru SMA mengawasi peserta unas SMA, tapi guru mata pelajaran tidak boleh jadi pengawas mata pelajaran yang diujikan,” ujarnya.(Ajeng)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved