Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pembebasan Denda dan Diskon Rangsang Orang Bayar PKB

 
06 Juli 2020

Pembebasan Denda dan Diskon Rangsang Orang Bayar PKB

Pandemi covid-19 berdampak pada tingkat pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), khususnya di Bojonegoro. Meski Pemprov Jawa Timur membuat program pembebasan denda bagi wajib pajak yang lebih dari jatuh tempo dan memberi diskon, pendapatan asli daerah dari sektor PKB masih belum memenuhi target.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim, Yohanes Ristu Nugroho mengatakan, pembebasan denda dan pemberian diskon efektif merangsang masyarakat untuk membayar pajak kendaraannya. 

"Diskon itu untuk merangsang masyarakat artinya di tengah wabah virus corona daya beli masyarakat, maka diberi pancingan agar masyarakat berbondong-bondong membayar pajak ini semacam keringanan. Ini efektif," ungkapnya

Ristu mengapresiasi realisasi PKB di Bojonegoro, meskipun Pemprov membuat kebijakan penurunan target pendapatan pajak sebelum perubahan APBD Jatim 2020. "Alhamdulilah semua terlapau. Kita ketahui di tengan pandemi covid-19, ada penurunan target sebelum P-APBD 2020," tuturnya.

Sementara tunggakan kendaraan Plat merah, dewan mendorong agar Bapenda terus menggalihnya. Jika masih belum membayar tunggakan, maka bagi hasilnya akan ditunda. "Ini dianggap efektif agar tunggakan lancar," tambahnya.

Untuk diketahui, tunggakan PKB hingga Mei 2020 mencapai Rp 7,003 miliar. Tunggakan itu sebagian ada yang terbayar sebesar Rp 57,624 juta sehingga sisa Rp 6,945, miliar.

Tunggakan PKB untuk plat hitam sebesar Rp 6,819 miliar, plat merah mencapai Rp 14,234 juta, dan plat kuning Rp 169, 477 juta.

Dengan adanya wabah virus corona, bisa dimaklumi masyarakat masih mengutamakan pemenuhan kebutuhan pokok daripada membayar pajak kendaraan.

Untuk merangsang agar wajib pajak mau membayar tunggakannya, Pemprov membuat program dengan memberi kemudahan berupa bebas denda bagi yang melebihi jatuh tempo dan diskon 15 persen untuk kendaraan roda dua, serta 5 persen untuk roda empat. 

"Selain itu hadiah umrah. Ini untuk megggugah masyarakat untuk bayar pajak," katanya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved