Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pertanian, Pendidikan dan Pemberdayaan Perempuan Agar Difokuskan

 
14 Maret 2013

Suara Indrapura : Untuk melihat dan merasakan langsung kondisi yang terjadi di masyarakat bawah, serta memberikan solusi yang paling tepat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, Irwan Setiawan, anggota DPRD Jatim dari Fraksi PKS pun belusukan ke berbagai daerah di dapilnya.

“Saya keliling ke semua daerah di Banyuwanggi, Situbondo dan Bondowoso untuk mendengar dan melihat langsung kondisi lampangan yang sebagian besar mata pendahariannya adalah petani,” katanya.

Irwan sadar, dengan keterbatasan waktu yang dimilikinya, tidak mungkin untuk mendatangi semua daerah di tiga wilayah itu. Karenanya, dia pun mengumpulkan warga di lima titik di setiap daerah tersebut. “Sekmen reses yang menjadi fokus saya adalah pada petani, pendidikan dan pemberdayaan perempuan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Irwan membeberkan, dalam bidang pendidikan dia mencoba bertemu dan berkumpul dengan para pengajar. Dalam kesempatan itu, Irwan melakukan banyak diskusi hingga akhirnya mampu menampung berbagai aspirasi dari mereka. Hingga akhirnya Irwan mendapat beberapa permasalahan yang harus mendapat solusi konkrit.

Diantara permasalahan yang berhasil digali dalam bidang pendidikan ini adalah masalah sarana dan prasarana. Banyak bangunan gedung sekolah yang masih kurang memadai dan membutuhkan dukungan, sehingga proses belajar mengajar mampu berjalan maksimal. “Dengan demikian akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Jatim,” sambungnya.

Selain permasalahan sarana dan prasarana, Irwan juga banyak mendapatkan keluhan tentang masalah guru bantu. Masalah ini membutuhkan penyelesaian, untuk itu Irwan bertekat untuk berupaya memfasilitasinya hingga mampu membuahkan solusi.

Irwan juga menyempatkan diri bertemu dan berkumpul dengan beberapa kelompok perempuan. Dari pertemuan tersebut, banyak pertanyaan muncul terkait dengan perhatian pemerintah terhadap perempuan.

Selama ini perhatian pemerintah dinilai masih kurang khususnya pada bidang pendampingan dan pemberdayaan. Untuk itu, Irwan akan berupaya mengawal peningkatan dan pemberdayaan perempuan. Salah satunya adalah dengan pemaksimalan program Koperasi Wanita (kopwan) melalui berbagai program. (Fafa)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved