Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PEMBERDAYAAN PEREKONOMIAN UNTUK WARGA NU

 
14 Maret 2013

Suara Indrapura : Pemberdayaan perekonomian serta peningkatan Sumber daya warga NU harus benar-benar diwujudkan. Banyak potensi yang dimiliki oleh warga NU yang belum dimaksimalkan. Padahal banyak hal-hal yang bisa dikembangkan oleh warga NU dalam meningkatkan perekonomian mereka bila diberi kesempatan. Hal inilah yang menjadi tekad anggota DPRD Provinsi Jatim H. Thoriqul Haq, MML dari Fraksi Kebangkitan Bangsa (FPKB) daerah pemilihan IV Kabupaten Lumajang dan kabupaten Jember.

Menurut Pria yang juga ketua komisi C DPR Propinsi Jatim tersebut, dari apa yang dilakukan selama ini dengan konsep pemberdayaan warga NU melalui Pengurus NU Cabang Lumajang dan Jember/ banyak potensi yang akhirnya muncul dari warga NU yang memiliki kemampuan yang itu bisa berdampak pada peningkatan perekonomian mereka.

“Dengan dasar memperjuangkan politik NU Ahlu sunnah wal jamaah guna memperdayakan warga NU saya yakin bisa meningkatkan perekonomian warga NU,” ujarnya.

Kata Thoriq, apa yang dilakukan selama ini ketika turun dilapangan dengan menampung aspirasi serta meberikan jalan dan peluang bagi warga NU melalui PCNU Lumajang dan Jember, banyak kemajuan dan kemandirian ekonomi yang muncul. Seperti sapi perah melalui PCNU Jember serta Pengemukan sapi melalui PCNU Lumajang.

Thoriq juga menjelaskan dipilihnya fokus untuk memberdayakan perekonomian bagi warga NU dikarenakan banyak potensi yang seharusnya bisa dilakukan oleh warga NU khusunya NU Produktif dikarenakan selama ini dirinya melihat masih kurang perhatian terhadap mereka. Padahal mereka mempunya potensi dan kemampuan bila di beri kesempatan.

“saya contohkan di desa Tutul kecamatan Balong kabupaten Jember, mereka masyarakatnya cukup produktif dan selama ini kekurangan modal. Setelah saya salurkan permodalam melalui BPR jatim sekarang mereka lebih produktif. Di desa Kemuning Lumajang banyak pemuda NU yang saat ini mulai menunjukkan peningkatan perekonomiannya setelah mereka saya arahkan ke BPR Jatim mendapatkan KUR bisa berternak ayam dan hasilnya cukup besar” ungkapnya.

Kedepan pihaknya berharap peran pemprov jatim lebih ditingkatkan lagi dalam memberikan perhatian bagi peningkatan perekonomian khusunya warga NU. Kerjasama dalam hal perekonomian dengan pengurus cabang NU lebih ditingkatkan lagi.

“Dengan menggandeng PCNU maka penyaluran modal dan bantuan bagi peningkatan perekonomian warga NU khusunya NU Produktif akan lebih efektif. Sebab yang lebih tahu soal kebutuhan orang-perorang warga NU yang memiliki kemampuan dalam usaha dan peningkatan perekomonian mereka orang NU sendiri,” jelasnya

“Kita punya bank jatim yang siap mengucurkan bantuan untuk perekonomian masyarakat. Kita juga punya BPR Jatim yang siap pula memberikan bantuan modal dengan bunga rendah. Kalau kita bisa mengarahkan pada masyarakat yang selama ini kesulitan modal, semua pasti bisa teratasi” jelas pria yang juga menjadi sekertaris DPW PKB Jatim. (Fafa)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved