Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Banyak Lahan Pertanian di Jember yang Perlu di Selamatkan

 
14 Maret 2013

Suara Indrapura : Lahan pertanian harus semakin dijaga eksistensinya. Hal tersebut dilakukan terus oleh H Imam Ghozali Aro, SIP, anggota DPRD Jatim asal Lumajang-Jember. Demi menyelamatkan 100 hektar sawah dari gagal panen, Ia mendesak adannya penanganan sungai Gemuling, di desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.

Pria yang akrab disapa Mas Iga ini mengatakan, ada aspirasi yang mendesak dalam reses kemarin. Yakni pengerukan kali Gemuling akibat terjadi pendangkalan kapur sungai. Akibat pendangkalan sungai tersebut, air menggenang disekitar aliran sungai  setiap kali musim hujan. Sehingga ada 100 hektar sawah petani dikawasan Rowo Gebang kalau musim hujan pasti gagal panen karena sungainya tidak jalan. “Rakyat disana meminta supaya dilakukan pengerukan sungai. Saya sudah mulai memperjuangkannya, dan kini sudah ditangani Dinas PU Pengairan,” tutur Iga.

Tapi persoalannya, lanjut Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim ini, sungai itu statusnya milik kabupaten Jember. Sehingga  secara teknis provinsi tidak bisa menangani. Ini bisa dilakukan jika Pemkab Jember meminta kepada provinsi supaya turun tangan guna melakukan pengerukan, karena ini mendatangkan alat berat sekitar panjangnya satu kilometer yang harus dikeruk.  “Saya sudah bicara dengan Kadis PU Pengairan JatimPak Supaad dan Kepala UPT Pengairan Lumajang yang membawahi Jember, Alhamdulillah sudah bisa disingkronkan dengan antara program kabupaten dengan provinsi. Dinas pengairan provinsi turun dan bisa segera dikerjakan,” papar politisi asal PKNU ini.

Ia berharap, hendaknya masyarakat yang tanahnya kena limbah pembuangan pengerukan jangan minta ganti rugi. Karena kalau minta ganti rugi, provinsi tidak mampu. Karena ini sebenarnya pekerjaan kabupaten, provinsi turun karena ada permintaan dari rakyat melalui wakil rakyat. “Sebenarnya masyarakat diuntungkan, karena pembuangan pengerukan sungai itu tanahnya subur,” ujarnya.

Selain menyelesaikan masalah pendangkalan Sungai, Iga sebelumnya sudah memfasilitasi pembangunan Jembatan gantung yang menghubungkan Dusun Ungkalan dan Dusun Blegoh panjangnya 98 meter desa Sabrang, Kecamatan Ambulu Jember. Dua dusun tersebut selama ini terputus, dan hanya bisa dilewati dengan perahu rakit. “Sekarang jembatan gantung sudah jadi, motor bisa lewat dan perekonomian di dua desa tersebut berjalan lancar,” kata Iga. (Noni)

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved