Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

TINGKATKAN SDM UNTUK KESEJAHTERAAN RAKYAT

 
13 Maret 2013

Suara Indrapura : Kekuatan roda ekonomi pedesaan, ternyata banyak tergantung dari kekuatan dan ketrampilan kelompok usaha perempuan. Untuk itu, sudah saatnya pemerintah baik kabupaten maupun provinsi ikut, konsentrasi mengawal kreatifitas kaum perempuan di pedesaan agar bisa maksimal dalam penggelolaan potensi ekonomi mereka.

Seperti halnya yang dilakukan Anggota DPRD Jatim dari Fraksi Partai Golkar Jatim Dra, Ec, Endang Sulastuty dalam reses kali ini banyak menitikberatkan pada pelatihan kewirausahaan. Seperti di Kabupaten Banyuwangi misalnya ada lima bidang usaha yang diberikan kepada masyarakat di ujung wilayah paling timur ini.

Pengolahan limbah sampah menjadi barang kerajinan yang bernilai ekonomis dan produktif. Peningkatan nilai tambah hasil kerajinan anyaman bambu melalui pengembangan desain produk. Peningkatan nilai hasil produksi jahit menjahit melalui pengembangan model desain. Peningkatan nilai hasil produksi Bordir Aplikasi hingga pembinaan keterampilan perbengkelan sepeda motor.

"Untuk pelatihan dilaksanakan selama dua hari yang di ikuti oleh 500 orang peserta pelatihan dengan dibagi dua shift. Dimana masing-masing shift diikuti oleh 250 orang peserta," tegas perempuan ayu berjilbab ini.
Semua ini dilakukan, tegas Endang dengan  tujuan untuk membantu percepatan  terwujudnya  masyarakat  yang  mandiri di bidang wirausaha,  dan sadar terhadap masalah-masalah di sekitar lingkungan. Selain untuk meningkatkan potensi masyarakat produktif di bidang usaha agar dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga selain menyesuaikan diri dengan tuntutan pembangunan.

"Yang paling penting disini adalan membantu pemerintah dalam mempercepat gerak pembangunan dan mempersiapkan kader-kader pembangunan, di pedesaan/ kelurahan. Untuk meningkatkan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam di pedesaan," lanjutnya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved