Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Anggaran Pilgub Seret, Komisi A Siap Panggil SKPD

 
11 Maret 2013

Suara Indrapura : Pencairan anggaran yang belum jelas untuk pemilihan gubernur (pilgub) Jatim 2013 yang telah disepakati sebesar Rp 600 miliar mendapat perhatian Komisi A DPRD Jatim. Guna men-support pelaksanaan pilgub Jatim 2013, Dewan pun menyarankan agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk membantu.

“Bagaimana kegiatan akan sukses jika pencarian anggarannya tersendat-sendat atau malah tidak jelas. Untuk itu, saya menyarankan agar SKPD terkait bisa mencarikan solusinya demi menyukseskan pilgub,” kata anggota Komisi A DPRD Jatim, Jalaludin Alham, kemarin.

Politisi Partai Demokrat itu menegaskan, dukungan anggaran tidak bisa dilepaskan untuk menyukseskan gelaran sepenting dan semasif pilgub Jatim. Untuk itu, kebutuhan anggaran pilgub sudah diperhitungkan jauh-jauh hari.

Termasuk, anggaran untuk keperluan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di seluruh kabupaten/kota, Panitia Pengawas Pemilu kecamatan (Panwascam), dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Jangan sampai mereka tidak mendapatkan honor gara-gara tersendatnya anggaran. Karena, mereka juga menjadi tombak sukses tidaknya pilgub nanti,” terang Jalaludin.

Mantan wakil ketua DPRD Sidoarjo ini menerangkan, jika dianggap mendesak, dewan berencana akan mengundang dinas terkait. Hal ini dilakukan agar persoalan anggaran pilgub bisa dicarikan solusinya dan bisa segera teratasi. “Jika diperlukan, Komisi A akan turun tangan memanggil SKPD. Sebab bagi kami apa yang terbaik buat rakyat itu yang terbaik bagi dewan,” tegas mantan ketua DPC PD kabupaten Sidoarjo ini.

Seperti diketahui, Panwaslu kabupaten/kota telah melakukan tahapan pembentukan Panwascam. Selain itu, pembentukan PPK juga dalam tahap rekrutmen dan sudah hampir rampung. Namun, ternyata rekrutmen Panwascam maupun PPK selama ini belum ditunjang dengan anggaran. Belum cairnya anggaran untuk pilgub Jatim, mengancam mereka tidak mendapatkan honor. Kondisi belum cairnya anggaran pilgub itu, juga berdampak pada rencana launching pilgub serentak pada 24 Maret 2013 yang akhirnya terpaksa ditunda. (Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved