Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pedesaan di Jatim Gelap Gulita, APBD Jatim Usulkan Sumbang Rp 75M

 
30 April 2013

Suara Indrapura : Masih banyaknya wilayah pedesaan dan kepulauan di Jawa Timur yang gelap gulita karena tidak ada aliran listrik membuat DPRD Jatim mendorong Pemprov Jatim memberikan bantuan sumbangan APBD Jatim tahun 2014 untuk pembangunan listrik pedesaan ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Timur. Penegasan ini, disampaikan Ahmad Iskandar anggota DPRD Jatim.

“Karena di Jatim jumlah pedesaan yang masih tidak dialiri listrik sekitar 60 persen. Untuk itu, PLN butuh suport khususnya dari APBD Jatim,” terang Ahmad Iskandar.
Disampaikan Ahmad Iskandar,  keinginan membantu anggaran ke PLN Jatim tersebut, disampaikan dalam usulan LKPJ Gubernur Soekarwo. Alasan orang nomor satu di Jatim ini, karena untuk kebutuhan jaringan listrik di pedesaan, perusahaan plat merah milik pemerintah pusat ini, membutuhkan anggaran hingga Rp 350 miliar. “Karena kebutuhannya sangat besar, maka diperlukan pembangunan listrik desa dengan suport anggaran secara bertahap. Untuk itu, kami di dewan sangat setuju usulan LKPJ Gubernur,” tandas Ahmad Iskandar.
Dengan suport APBD Jatim ini, lanjut Ahmad Iskandar persoalan listrik pedesaan dalam 4 tahun kedepan segera terselesaikan. Oleh karenannya, dirinya mendukung suport anggaran APBD diberikan secara berkala. “Setiap tahunnya, kekuatan APBD Jatim untuk PLN Distribusi Jatim sebear Rp 75 miliar. Dan ini bertahap selama 4 tahun. APBD jatim adalah untuk rakyat, kenapa tidak. Berat iya, sepanjang. Ada subsidi terhadap kegiatan PLN di Jatim.,” tegas dia.
Disampaikan mantan Kepala Biro Adminsitrasi Pembangunan (AP) Pemprop Jatim ini, akan dibahas dalam APBD Tahun 2014. “Sebab, tidak adanya listrik, air bersih menjadi salah satu faktor persoalan kemiskinan,” urai dia. (day)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved