Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dewan Tanyakan, DP4 Pilgub yang Bermasalah

 
30 April 2013

Suara Indrapura : Daftar Potensi Pemilih Pemilu (DP4) untuk pilgub yang diserahkan pemprov ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, ternyata banyak datanya yang tidak valid atau fiktif. Hal ini memicu sikap keras dari Dewan Jatim yang berujung akan menanyakan ke pemprov Jatim. Ini untuk mengantisipasi pesta demokrasi 5 tahunan tercederai oleh kecurangan dalam penentuan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua Komisi A DPRD Jatim, Sabron Djamil Pasaribu menjelaskan bahwa dalam proses verifikasi DP4 pilgub, KPU Jatim harus benar-benar optimal. Hal itu agar tercipta pemilihan gubernur yang demokratis, jujur dan adil. "Kita mengharap agar KPU benar-benar melakukan proses verifikasinya secara optimal," Kata Sabron.
Sejauh ini, pihaknya mengapresiasi terhadap kinerja KPU yang dalam proses verifikasi sudah menemukan kejanggalan-kejanggalan terkait DP4 yang diserahkan oleh pemprov. "Itu sudah bagus. Ada temuan-temuan terkait data. Tapi, lebih bagus lagi jika jumah datanya yang bermasalah diungkap," tegasnya.
Disinggung bagaimana dengan adanya temuan KPU terkait DP4 fiktif? Untuk urusan tersebut, politisi dari Fraksi Golkar ini berencana akan menanyakan kepada pemprov. Jatim. Ini dikarenakan, data awal DP4 berasal dari pemprov. "Ya, akan kita tanyakan itu ke pemprov. Kok bisa ada data-data yang tidak valid ataupun data yang fiktif," tandasnya.
Untuk diketahui, KPU Jatim menemukan data bermasalah untuk DP4. Seperti, ditemukan alamat fiktif dengan kolom RT dan RW nya dibiarkan kosong. Juga terdapat data dengan nama yang tidak memiliki Nomer Induk Kependudukan (NIK). Ada pula data yang nama dan alamatnya masuk kecamatan lain.
Terpisah, Anggota KPU Jatim Aguz Mahfudz ketika dikonfirmasi masih belum bisa menyimpulkan berapa jumlah data di DP4 yang fiktif. Namun, pihaknya membenarkan banyaknya data yang bermasalah tersebut. "Masih dalam proses verifikasi. Jumlahnya berapa nanti pasti kita umumkan," jelasnya.
Hanya saja, pihaknya belum bisa memastikan kapan akan mengumumkan data DP4 yang bermasalah tersebut. Ini dikarenakan, KPU Jatim juga harus membagi aktivitasnya untuk verifikasi DCS. "Belum tau, nanti kita kabarkan lagi,"pungkasnya. (fajar)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved