Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PDSS di Jatim Masih Kacau

 
06 Maret 2013

Suara Indrapura : Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di Jawa Timur masih kacau. Pasalnya, tidak ada ruang yang terbuka lebih luas bagi siswa untuk mengikuti seleksi di pendidikan tinggi. “Bulan Februari ini baru separo dari total sekolah di Jatim yang mamasukkan datanya,” ungkap Anggota Komisi E DPRD Jatim.

Ahmad Jabir menjelaskan bahwa perbedaan jumlah sekolah tingkat SMA/SMK di Jawa Timur menyebabkan kacaunya basis data Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Terdapat 4.159 jumlah SMA/SMK/MA, sementara itu baru 2.155 lembaga yang memasukkan datanya ke PDSS. “Dinas Pendidikan Jatim kurang melakukan sosialisasi kepada seluruh sekolah agar memasukkan data-datanya,” ujar politisi asal PKS itu.

Menurutnya, Dinas Pendidikan Jatim juga mengawal ketat bahkan membantu sekolah untuk memasukkan data ke PDSS. Jika perlu, data berupa nama, alamat serta profil sekolah juga dimasukkan ke PDSS. “Saya khawatir, banyaknya sekolah yang tidak mendaftarkan diri ke PDSS dikarenakan keputusan sepihak dari pihak sekolah yang menganggap tidak ada satupun siswanya yang akan mengikuti SMPTN,” tandas Jabir.

Ahmad Jabir menambahkan Dinas Pendidikan Jawa Timur perlu mendata jumlah sekolah yang pasti di Jawa Timur, sehingga dapat memetakan potensi peserta SMPTN dengan lebih akurat. “Sinyalemen sekolah enggan daftarkan siswanya ke PDSS, akan mematikan kesempatan dan hak siswa untuk jenjang pendidikan yang lebih baik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, SNMPTN atau yang dahulu disebut seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jalur undangan mengacu pada dua hal utama, yaitu prestasi sekolah yang dibuktikan dengan rapor serta prestasi kegiatan. Seperti olah raga atau seni yang dibuktikan dengan hasil-hasil kejuaraan pada tingkat tertentu. Semisal, Universitas Airlangga (Unair) memilih prestasi tingkat nasional, sementara Institut 10 November Surabaya (ITS) tingkat provinsi. (Ajeng)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved