Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Tinggalkan Ego Komisi Demi Kesejahteraan Rakyat

 
05 Maret 2013

Suara Indrapura : Masih adanya ego komisi yang dipakai anggota dewan dalam melakukan reses di masyarakat membuat Anggota Komisi B DPRD Jatim, Sjamsul Arifin merasa terenyuh. Seharusnya, ego komisi ditinggalkan saat menyerap aspirasi di masyarakat dimasing-masing daerah pemilihan (dapil). Mengingat sebagai wakil rakyat, sudah seharusnya anggota dewan mengawasi seluruh kebijakan pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Baik soal pembangunan dibidang ekonomi, pendidikan, kesehatan hingga pertanian.

"Saya selalu mengingatkan kepada teman-teman, dalam setiap reses kita sudah tidak lagi mewakili komisi. Tapi sebaliknya, kita harus menyerap semua keinginan masyarakat tanpa terkecuali. Setelah itu, dari hasil serap aspirasi itupun baru kita salurkan di dewan sesuai dengan tupoksi masing-masing komisi," tegas politisi asal Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini.

Yang pasti, lanjut Sjamsul Arifin selama ini bantuan dari pemerintah di turunkan dalam kelompok-kelompok. Dari kelompok-kelompok ini maka dapat diketahui apakah bantuan yang diberikan Pemprov Jatim sudah diterima dengan benar sesuai kebijakan yang ada. "Ini penting, karena banyak dari SKPD di Pemkab/pemkot tidak tahu menahu soal program Pemprov Jatim. Ini di perparah lagi dengan tidak adanya sosialisasi ke masyarakat. Karena itu, kedepan harus ada persamaan persepsi, sinkronisasi dan perpaduan program antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota," akunya.

Namun dari hasil reses yang dilakukan Sjamsul Arifin di dapil V yang terdiri dari Kabupaten/kota Malang dan Kota Batu disana banyakdikeluhkan soal infrastuktur, kesehatan, beras miskin (raskin) hingga pada honor guru swasta. "Semuanya kami tampung, meski di komisi B tidak bersentuhan dengan itu semua. Tapi selepas dari reses catatan itupun kami berikan kepada teman-teman disesuaikan dengan masing-masing komisi. Dengan begitu seluruh desakan masyarakat untuk menciptakan Jatim yang lebih baik dapat terealisasi," tegas pria asli Madura ini. (Fafa)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved