Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Lahan Rusak Petani Apel Merana

 
05 Maret 2013

Suara Indrapura : Upaya pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan ternyata tidak berjalan optimal. Buktinya, di Kabupaten Malang masih banyak masyarakat yang hidupnya dibawah garis kemiskinan. Hal ini di perparah lagi dengan kondisi tanah yang selama ini menjadi tumpuan hidup bagi petani apel sudah tidak mampu lagi memberikan hasil. Mengingat kondisi lahan apel yang ada sangat rusak berat akibat diracuni oleh pupuk kimia yang notabene merusak struktur tanah.

"Kasihan mereka. Kini sudah tidak dapat menikmati hasil dari tanaman apelnya. Ini karena lahan yang biasanya untuk menanam apel strukturnya sudah rusak akibat pupuk kimia. Sedang untuk memenuhi kehidupan sehari-hari mereka memilih bekerja apa adanya yang penting bisa makan,’’tambah Faui Faried, Anggota Komisi A DPRD Jatim.

Sementara keinginan dia untuk menyosialisasikan kepada petani apel agar beralih pada pupuk organic ternyata tak semanis harapannya. Sebaliknya, masyarakat beramai-ramai menolaknya dengan alasan lahan semakin rusak. "Sebenarnya warna tanah yang kuning itu adalah peralihan dari yang mati menjadi subur kembali. Tapi anehnya mereka menolak khawatir tanah semakin rusak," tambahnya dengan nada intonasi tinggi.

Ditanya apakah tidak bekerjasama dengan Dinas Pertanian Jatim? Fauzi meolak. Alasan birokrasi yang berjalan akan berbelit-belit. Untuk itu, dirinya bertekad akan turun sendiri untuk memberikan pengertian kepada petani apel jika memulihkan kembali lahan apel perlu dilakukan meski waktunya sangat lama.

Selain memberikan penyuluhan, Fauzi Faried  juga memberikan bantuan perbaikan rumah warga dibeberapa desa di Kabupaten Malang akibat terkena puting beliung. "Kasihan mereka. Sudah miskin, rumahnya roboh terkena angin puting beliung. Untuk itu dalam reses yang lalu kami sempat membantu pembangunan rumah warga miskin disana," tegasnya.

Kedepannya, pihaknya akan lebih fokus untuk membantu warga miskin yang rumahnya roboh akibat bencana alam. ‘’Dengan bantuan ini mereka nantinya tidak lagi dibingungkan membangun rumah, tapi lebih terpusat mencari mata pencaharian,’’tambahnya.(Fafa)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved