Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Transportasi dan Akses Jalan Jadikan Malang Raya Sebagai Daerah Wisata dan Pendidikan

 
05 Maret 2013

Suara Indrapura : Malang  yang selama ini dikenal sebagai tempat untuk rekreasi maupun pendidikan mengalami persoalan transportasi  yang perlu dilakukan pembenahan.  Dengan luas wilayah yang tidak begitu besar namun sering didatangi masyarakat baik yang menetap untuk melanjutkan ke perguruan tinggi,  maupun mereka yang melakukan rekreasi khusunya di kota malang dan kota batu, kenyamananya saat ini mulai terusik, sehingga Perlu ada beberapa inovasi dalam mengatasi persoalan ini. Hal inilah yang menjadi pemikiran anggota Fraksi PDI-P DPRD Provinsi Jatim Ir. Sutiyo, daerah pemilihan V Malang Raya.

Menurut Sutiyo, perkembangan yang cukup pesat yang terjadi saat ini dikawasan Malang khusunya kota Malang dan Kota Batu mengakibatkan banyak hal yang berubah dikawasan malang. Suasana yang sejuk dan nyaman yang selama ini dikenal pada malang mupun Batu mulai terkikis.
“Kondisi Kemacetan dan transportasi yang begitu padat mulai kita rasakan ketika memasuki kota malang termasuk kemacetan yang terjadi ketika menuju ke kota Batu saat weekend” ujar  pria yang berlatar belakang peternak ini.

Dengan kondisi saat ini maka kata Sutiyo, perlu ada beberapa langkah untuk tetap menjadikan malang raya sebagai tempat yang nyaman dalam berwisata serta sebagai kota pendidikan setelah Yogyakarta. Peran pemerintah provinsi juga diperlukan dalam mewujudkan hal itu semua.
“Kinerja yang komprehensif antara pemerintah kota Kabupaten malang Raya serta Provinsi jatim sangatlah diperlukan agar tetap memberikan kenyamanan bagi mereka masyarakat diluar malang raya maupun manca Negara yang akan datang ke Malang” ungkapnya.

Dijelaskan oleh Sutiyo, Beberapa hal telah disampaikan ke pemerintah provinsi jatim maupun an pemerintah kota Kab Malang raya dalam mengatasi persoalan ini. Dimana untuk mengurangi kemacetan di kota malang yang saat ini terjadi, perlu adanya pemikiran untuk membuatkan transportasi alternative seperti monorel di tengah kota Malang. Sedangkan untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di kawasan Wisata Kota batu, perlu ada pembuatan jalan alternative mulai Kecamatan Lawang ke Kota Batu.

“Sebagai  warga malang yang dipercaya oleh masyarakat malang di DPRD Provinsi jatim, saya sudah usulkan hal ini kepada pemerintah propinsi dalam hal ini dinas PU Bina Marga untuk jalan alternative menuju Kota Batu serta pembangunan transportasi alternative seperti Monorel ke Dinas Perhubungan Provinsi Jatim. Saya berharap ini segera ditindak lanjuti mengingat Walikota malang maupun Walikta Batu telah sepakat dengan usulan saya itu, “ Jelasnya.
Sementara itu selain persoalan transportasi ada beberapa hal yang juga dilakukan pembenahan dikawasan malang Raya seperti antisipasi longsor yang kerap terjadi dikawasan perbukita mulai dari Kawasan wisata warung payung Batu dan Kawasan Pujon. 

“Pembuatan pancang  beton di tiap bukit yang ada harus dilakukan. Karena hampir tiap tahun longsor selalu terjadi dikawasan tersebut, bila longsor terjadi maka yang rugi masyarakat sekitar yang akan mengalami kesulitan transportasi untuk membawa hasil pertanian maupun ternaknya. Imbasnya yang rugi masyarakat sendiri,” jelas Pria yang pernah menjadi salah satu direktur diperusahaan pengelolahan susu sapi swasta yang ada di kabupaten Malang.

Bahkan yang tidak kalah penting kata Sutiyo pihaknya juga telah meminta pemerintah provinsi Jatim untuk melakukan pembangunan akses jalan-jalan desa yang ada di kawasan Malang Raya seperti akses jalan desa yang ada di Kabupaten malang dan Kota Batu. Sebab dari kajian yang dilakukan dengan melihat kondisi Kota batu dan kabupaten malang, masih banyak jalan akses desa yang perlu mendapatkan sentuhan pemerintah provinsi guna melancarkan perekonomian masyarakat setempat.

“Apalagi dengan program pakde APBD untuk Rakyat, maka pembangunan jalan akses desa harus menjadi garapan serius untuk direalisasikan. Karena dengan jalan akses desa yang bagus dan mendukung maka akan sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan pendepatan perekonomian mereka baik sebagai perternak maupun sebagai petani yang banyak digeluti masyarakat Kabupaten malang maupun Kota Batu,” ujarnya. (Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved