Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Masyarakat Desa Perlu Mendapat Perhatian

 
05 Maret 2013

Suara Indrapura : Selama menjadi anggota DPRD Jatim, Ahmad Subchan, M. Ab kerap kali memperjuangkan kepentingan rakyat kecil. Kali ini, menurutnya satu aspek yang perlu diperjuangkan ketika sudah turun ke desa-desa itu, adalah keberpihakan negara kepada desa yang masing kurang. Baik dari sisi anggaran maupun program. "Masyarakat desa di kabupaten Malang, berharap ada perhatian khusus bagi pemerintah kepada masyarakat desa secara menyeluruh," kata politisi PKS ini.

Karena itu, lanjut Subhan, dirinya bersama Komisi A DPRD Jatim mengeluarkan hak inisiatif dewan berupa Rancangan Peraturan Daerah tentang Pemberdayaan Desa. Raperda iniberlatar pada pemahaman ideologi masyarakat, idelologi pemberdayaan kemudian sosialisasi sumber daya masyarakat yang masih belum tertangani dengan baik. “Bila itu ditangani khusus, masyarakat desa mulai dari potensi, distribusi dan konsumsi bisa dikelola masyarakat sendiri," sahutnya.

Yang akan diperhatikan dalam Raperda itu adalah, alokasi dana dan sumber daya untuk masyarakat desa. Sehingga produk dan SDA Desa ini dikelola secara profesional. Karena desa termasuk pilar negara, kalau tidak, maka akan terjadi urbanisasi dan menjadi problem sendiri. Desa harus dikuatkan, kembali pada jati diri perekonomian seperi koperasi yang bisa dibangkitkan dari desa. “Kita masuk ke tema pada pemberdayaan masyarkat desa supaya kokoh," jelasnya.

Ia mencontohkan, selama ini produksi padi saja, petani desa masih kesulitan pupuk dan bibit. Bahkan pasar selama ini dikuasai mafia bahkan sampai impor. "Tapi akan kita atasi mulai dengan melibatkan seluruh masyarakat desa agar aktif dalam hal pemberdayaan hasil dan potensi yang ada di desa masing-masing," pungkasnya. (Fafa)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved