Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Bulog Harus Jalankan Fungsinya dengan Benar

 
04 Maret 2013

Suara Indrapura : Adanya indikasi permainan antara Bulog sebagai stok buffer beras dan tengkulak di Banyuwangi sangat merugikan para petani yang akan menjual hasil panennya. Ini karena para petani terpaksa menjual hasil panennya kepada tengkulak dengan harga murah. Sementara Bulog sendiri yang diharapkan membantu petani untuk membeli panennya ternyata hanya omong kosong belaka.

"Waktu reses di Banyuwangi, masyarakat disana menyesalkan kinerja Bulog yang sering menolak hasil panen petani dengan alasan kualitasnya jelek. Padahal, aturannya Bulog tidak boleh menolak hasil panen petani apapun kualitasnya. Karenanya saya minta pemerintah pusat turun tangan dalam menyelesaikan kasus ini. Kasihan para petani di Banyuwangi yang menanggung kerugian puluhan juta rupiah karena panen yang dibeli oleh para tengkulak tidak sepadan dengan modal yang dikeluarkan para petani diantaranya untuk membeli pupuk dan benih," tegas Anggota Komisi B DPRD Jatim, Muzayyanah.

Disisi lain, para petani khususnya di dapil III, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi meminta bantuan handtraktor. Alat ini sangat diperlukan untuk mengelola tanah sebelum ditanam benih. Karena jika menggunakan sapi hasilnya tidak bisa maksimal. Selain itu, tidak semua petani memiliki sapi. "Jadi solusinya handtraktor. Kebetulan disalahsatu wilayah di Situbondo hanya memiliki empat traktor dan kami harus membelikan empat buah lagi lewat anggaran reses ini," tandas politisi asal PKB Jatim ini.

Dengan bantuan handtraktor ini diharapkan mampu menyingkat waktu bagi para petani untuk mengelola lahannya sebelum ditanami. Selain itu, hasil pengelolaan tanah sawah  diperoleh maksimal. Dengan begitu padi yang akan dipanen juga akan mendapatkan hasil yang optimal. (Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved