Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Lindungi Rakyat dari Jerat Bank Titil

 
01 Maret 2013

Suara Indrapura : Di wilayah Daerah Pilihan (dapil) V meliputi Kabupaten/Kota Malang dan Kota Batu potensi pendidikan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat relatif bagus. Namun begitu, masih banyak persoalan yang dihadapi masyarakat terkait kebutuhan pengembangan usaha. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang harus berurusan dengan bank titil di saat mereka membutuhkan tambahan modal.

Akibatnya dengan bunga yang tinggi, membuat usaha yang digelutinya tidak berkembang. Namun masyarakat mulai mengeluh lantaran terjerat hutang sebab adanya kebijakan bunga tinggi dari bank titil. Untuk memutus mata rantai masyarakat dari Bank Titil atau lebih akrab disapa rentenir kampung, Soenarjo mendesak perbankan lebih mudah memberikan akses permodalan bagi masyarakat.

“Selama ini, kendala hubungan masyarakat dengan Bank adalah persoalan administrasi yang masih dirasa sulit. Akibatnya masyarakat melakukan langkah yang menurutnya lebih mudah, yakni berhubungan dengan bank titil alias rentenir. Tanpa disadari beban bunga dengan kebutuhan modal yang digulirkan tidak seimbang dan masyarakat menjadi tergelincir oleh persoalan dengan rentenir,” terang Soenarjo.

Untuk memutus mata rantai agar masyarakat tidak terjerat persoalan dengan bank titil,  diperlukan koperasi. Untuk itu soenarjo mendesak agar pemerintah propinsi bisa lebih berkosentrasi membantu permodalan.
“Guna menanggulangi hal tersebut harus adanya koperasi dengan bunga super ringan tapi modal sangat terbatas ,” terang Soenarjo. (Bredo)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved