Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Hari Prasetyo : Anggaran Kesehatan 2013 Diplot Hingga 2 Triliun

 
25 September 2012

Suara Indrapura : Meningkatnya plafon anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2013 memberikan konsekwensi pada sejumlah kebutuhan masyarakat. Seperti kesehatan misalnya. Tahun 2013 mendatang, menurut anggota Bangar (badan anggaran) DPRD Jatim Heri Prasetyo anggaran untuk sektor kesehatan sudah di plot mencapai 2 triliun.

Karena jumlah APBD Jatim diperkirakan meningkat, maka konsekuensinya adalah harus mementingkan kepentingan masyarakat, seperti anggaran kesehatan yang sudah di plot mencapai 2 triliun”, kata anggota asal partai Demikrat tersebut.

Selain anggaran kesehatan yang membengkak, anggaran pendidikan juga tidak kalah bengkaknya. Yakni dieprkirakan akan mencapai 1 triliun.

Dalam rapat KUAPPAS tergambar anggaran dan pendapatan belanja daerah tahun 2013 diperkirakan mencapai 17,5 triliun atau naik sekitar 5 triliun dari tahun 2012. Besaran anggaran ini ditunjang dari naiknya DAU (dana alokasi umum) yang diterima provinsi dan kabupaten/kota karena besaran penerimaan negara yang mencapai 148 triliun.

Sementara itu, titik berat anggaran akan difokuskan pada beberapa pembangunan atau pembenahan. Seperti kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan pembukaan lapangan kerja baru.

Namun banyak kalangan yang menuding bahwa besarnya anggaran untuk masyarakat tersebut terkait dengan pemilihan gubrnur yang akan dilaksanakan pada 2013 mendatang. (luk)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved