Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Tingkatkan Kreatifitas Kewirausahaan

 
01 Maret 2013

Suara Indrapura : Pemberdayaan kelompok ekonomi kerakyatan menjadi salah satu potensi untuk menopang kemandirian masyarakat. Oleh karenannya, tingginya potensi yang dimiliki masyarakat harus menjadi perhatian serius dari banyak kalangan. Apakah itu pemerintah, tokoh masyarakat, mapun perbankan sebagai salah satu sektor permodalan bagi ekonomi kreatif masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Jatim, Sirmadji yang maju dari dapil V (Malang Raya) ini, menyampaikan kebutuhan peningkatan potensi ekonomi masyarakat menjadi kebutuhan mendasar untuk basis penguatan bermacam sektor di masyarakat. Oleh karenannya, Ketua DPD PDIP Jatim ini mendukung upaya  stimulasi  membangkitkan kreatifitas pemuda dalam hal kewirausahaan.

Melalui karang taruna setempat telah diberikan bantuan berupa peralatan cuci sepeda motor lengkap. “Tentu perhatian dan bantuan permodalan sangat diperlukan masyarakat desa. Sebab selama ini, mereka masih kesulitan mencari kredit ini disebabkan lembaga keuangan masih memasang syarat yang berat seperti harus ada agunan sertifikat,” terang Sirmadji.

Kebutuhan, pelatihan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengolahan usaha sampai keahlian, seperti pembuatan batako, pembuatan sovenir oleh warga masyarakat harus terus didorong. “Memang saat ini, yang terkendala minimnya dana dalam kepemilikan mesin batako serta kebutuhan lainnya. Namun bantuan tersebut, harus menjadi perhatian serius agar potensi ekonomi kerakyatan bisa berjalan maksimal,” tegas dia.

Sirmadji mengaku sangat sepakat dengan upaya, pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh karenanya, diperlukan perhatian perbankan untuk kebutuhan pengembangan usaha ekonomi. “Jangan sampai kesejahteraan masyarakat selalu terkendala oleh permodalan yang sangat minim . Oleh karenanya, perlu lembanga keuangan yang khusus menangani kebutuhan usaha ekonomi kerakyatan,” tandas dia.

Selain itu, Sirmadji tidak jelasnya musim membuat sebagaian wilayah terkena dampak potensi kekeringan, untuk meningkatkan kualitas pertanian di wilayah kering, diperlukan sentuhan tangan manusia dengan mengunakan teknologi. Diantaranya dengan dibidang pertanian perlu dilakukan pembenahan sarana irigasi serta bantuan pompa air, sehingga dapat memenuhi dalam pengelolaan pertanian. Selain itu, pengarapan lahan yang dikerjakan secara tradisional kurang mempercepat hasil produksi.

Untuk meningkatkan hasil perekonomian petani, sudah saatnya pemerintah berkosentrasi mengembangkan keahlian masyarakat dengan meningkatkan potensi peternakan. Termasuk perhatian terhadap kepentingan nelayan. “Sebab, sering kali setelah menangkap ikan, nelayan menggeluh masih kesulitan menjual hasil tangkapan,” tegas dia.

Sirmadji  mengispirasi keuletan nelayan di laut Selatan (sisi selatan Malang) untuk menggelola hasil tangkapan mereka. Agar tidak busuk dan rusak hasil tangkapan, kebanyakan nelayan menggelola ikan yang didapat untuk dikelola menjadi kebutuhan lain, seperti ikan asin dan terasi. Kreatifitas nelayan ini, harusnya juga mendapat perhatian pemerintah dengan melakukan pembinaan terhadap nelayan. “Agar potensi alam yang ada benar-benar maksimal dipergunakan untuk kemakmuran rakyat,” tandasnya serius. (bredo)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved