Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Penanggulangan Bencana Masuk Kurikulum

 
30 November 1999

Suara Indrapura: Jika Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penanggulangan Bencana Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur akan memasukan materi tentang cara penanggulangan bencana ke dalam kurikulum sekolah

Anggota Komisi E DPRD Jatim, Zainal Arifin, di Gedung DPRD Jatim, mengatakan, pemasukkan subtasi tentang cara penanggulangan bencana ini dinilai perlu karena Jatim merupakan daerah yang rawan akan bencana, seperti halnya tanah longsor, dan banjir.

Dengan adanya kurikulum ini, siswa-siswi yang menuntut ilmu akan mengetahui cara-cara menanggulangi bencana, baik pra bencana, saat bencana datang, maupun pasca bencana. ”Ilmu ini dapat diterapkan dalam kehidupan mereka ( siswa-siswi, red), sehingga begitu bencana datang sudah memiliki bekal cara menanggulangi bencana,” terangnya.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Akhmad Fuad Mahsuni mengungkapkan, untuk memperbanyak masukan pembahasan raperda itu, Komisi E melakukan kunjungan kerja di beberapa daerah utamanya yang sudah merancang atau melaksanakan pembuatan regulasi bencana alam.  Kita pelajari cara-cara menanggulangi bencana yang dilakukan oleh daerah-daerah lain dalam penanggulangan bencana,” ujarnya.

Fuad menjelaskan, kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari strategi dan langkah langkah untuk menyiapkan perda sebagai pedoman pelaksanaan penanganan bencana yang lebih baik, ingin menjajagi kemungkinan kerjasama antar negara, antar organisasi dunia yang peduli dengan masalah kebencanaan. Selain itu pihaknya ingin mengetahui bagaimana sosialisasi atau mitigasi terhadap penanggulangan bencana.

Masalah niatan kunjungan kerja ke Australia, menurut Fuad dipilihnya Australia untuk mencari masukan Karena dari segi bencana yang sering terjadi sama dengan bencana di Jatim, seperti halnya tanah longsor dan banjir. Selain itu, negara tersebut merupakan salah satu negara yang menaruh empaty apabila terjadi bencana di Indonesia.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved