Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Badan Legislasi Bahas Raperda Yang Belum Terselesaikan

 
22 November 2012

Suara Indrapura : Belanja daerah dalam rancangan APBD Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2013 sebesar 15 triliun 356 miliar 564 juta 202 ribu 217 rupiah yang dipergunakan untuk belanja tidak langsung dan belanja langsung.
Belanja tidak langsung digunakan di antaranya untuk memenuhi kebutuhan gaji pegawai, belanja bagi hasil kepada kabupaten/kota, belanja tidak terduga, belanja hibah, belanja bantuan sosial, dan belanja bantuan keuangan kepada kabupaten/kota.

Sedangkan belanja langsung digunakan untuk pelaksanaan program dan kegiatan oleh SKPD sesuai dengan kewenangan dan tupoksi masing-masing SKPD yang terdiri atas komponen belanja modal, belanja barang dan jasa, serta belanja pegawai.
Melihat struktur perangkat antara pendapatan daerah dan belanja daerah pada rancangan APBD Provinsi Jatim tahun anggaran 2013 ini, lanjut Imam Sunardhi. Maka Rancangan APBD Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2013 mengalami defisit sebesar 359 miliar 690 juta 257 ribu 572 rupiah, yang akan ditutup dengan pembiayaan-pembiayaan daerah. Pembiayaan daerah dalam Rancangan APBD Provinsi Jawa Timur Tahun 2013 sebesar 359 miliar 690 juta 257 ribu 572 rupiah, yang terdiri dari penerimaan pembiayaan Rp867.923.590.906,00, pengeluaran pembiayaan Rp508.233.333.334,00, pembiayaan netto Rp359.690.257.572,00. Itulah Perangkat Rancangan APBD Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2013 yang menjadi acuan fraksi-fraksi dalam menyampaikan Pendapat Akhir Fraksi terhadap Persetujuan Bersama Rancangan APBD Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2013.
Namun sebelumnya Badan Anggaran, lanjutnya akan menyampaikan beberapa catatan penting yang harus dipahami bersama yaitu Pembahasan Rancangan APBD Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2013, Badan Anggaran bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah sepakat untuk mengoptimalkan estimasi dari Pendapatan BBNKB dengan catatan apabila nanti estimasi tidak dapat terealisasi pada tahun 2013. Maka DPRD merekomendasikan untuk dilakukan pengurangan terhadap belanja daerah.
Menghadapi pemilihan kepala daerah tahun 2013 nanti, diharapkan semua SKPD dapat melaksanakan kinerjanya dengan baik dan melaksanakan amanah dalam penggunaan anggaran sesuai dengan tupoksinya dengan tidak terpengaruh adanya pemilihan kepala daerah.
“Kami berkeinginan nantinya tidak ada opini apapun terhadap birokrasi kita. Untuk itu nertalitas birokrasi harus tetap dipertahankan,” tegas orang nomor satu di DPRD Jatim ini.
Selain itu, Imam berharap agar eksekutif dalam hal pembahasan Raperda tentang APBD dengan komisi-komisi wajib menyertakan RKA SKPD sebagaimana diminta oleh komisi-komisi yang bersangkutan.
Selain itu, untuk mengoptimalkan fungsi pengawasan khususnya pengawasan terhadap anggaran, diminta kepada melakukan pembahasan dermaga mitra kerjanya minimal sekali. Ini penting guna realisasi anggaran triwulan masing-masing SKPD. Sehingga komisi bisa mengikuti perkembangan dan kendala masing-masing SKPD. “Mengenai kebutuhan anggaran untuk pemilihan ke daerah tahun 2013, diharapkan kepada eksekutif agar betul-betul cermat dalam menganggarkan kebutuhan Pilkada, dari kebutuhan di KPU, Bagian Pengawas, Keamanan, sampai di TPS-TPS.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved