Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Bali Jalin Komunikasi Kunjungi DPRD Jawa Timur

 
03 Desember 2012

Suara Indrapura : Empat belas anggota dewan DPRD Propinsi Bali melakukan tugas kedewanan kunjungan kerja, dalam rangka memperoleh masukan dan mencari data sebagai bahan studi banding. Khususnya bidang tugas Badan Legislasi DPRD Jatim, kegiatan ini tentu ingin mencari bahan masukan dan mengetahui secara langsung dari kinerja teknis dari penyusunan suatu Prolegda itu.

Pertemuan berlangsung cukup lama di ruang rapat VIP DPRD Jatim jalan Indrapura No 1 Surabaya.

Dalam penyampaiannya Pimpinan rombongan Tjokorda Gede Ngurah, ketua Balegda DPRD Bali menyampaikan bahwa, menurut hasil Prolegda Gubernur tahun 2013 sekarang ini ada lima perda yang  bersumber dari komisi. Komisi satu  bahas protokoler peringatan hari HUT Prov Bali, perubahan pertama tentang Peraturan daerah dusun Krman, Komisi II mengenai perlindungan buah lokal, ditengah serbuan buah impor, Komisi III, mengenai perlindungan lingkungan hidup, implemtasi Perda RT/RW, Komisi IV terkait perlindungan perempuan, ini baru draf yang disusun dari Baleg DPRD, sesuai UU bahwa TIM Prolegda gubernur yang di gawangi Biro Hukum dan HAM, ada 26 buah untuk maju bersama-sama dalam penyususnan Prolegda. Paparnya

Rapat DPRD bersama eksekutif masih ada dua raperda yang belum terselesaikan. Namun kini masih sampai pada tahap pembahasan yang wajib segera terselesaikan di tahun 2012 ini. Ketua Balegda Zainal Arifin, mengatakan "Jatim memiliki tradisi istimewa bertepatan dengan semangat momentum  hari pahlawan 10 Nopember, maka ini harus disahkannya APBD. Saat itu kita sahkan pula Prolegda (Program Legislasi Daerah) 2013, jadi waktunya secara bersamaan, tujuannya semua program yang tercantum dalam prolegda harus ada dalam anggaran tahun berikutnya."

Menurut UU No 10 tahun 2004, telah melahirkan Perda tentang pembentukan Peraturan Daerah yakni, Perda No 2 tahun 2011, kurang lebih satu tahun yang lalu melahirkan Perda itu, bersamaan dengan regulasi itu lahir kembali UU No 12 tahun 2011. Selain itu ada Permendagri No 53 tahun 2011, yang isinya pertama usulan legeslatif, kedua usulan eksekutif,  ketiga daftar komulatif terbuka.

Selain itu dirinya menegaskan terkait mekanisme penyusunan Prolegda Jatim,  dilakukan sesuai standar melalui surat dari komisi-komisi, anggota dewan yang disertai penjelasan koordinasi, dan tidak hanya undang-undang No 12 tahun 2011 tapi  yang terpinting bukti contohnya ada di Permendagri No 53 tahun 2011, “jadi akan ada usulan eksekutif dan legeslatif, dan daftar komulatif terbuka, tahun kemarin saja ada 31 yang terdiri dari 19 usulan dari DPRD, dan 12 usulan lagi dari eksekutif, namun dari Prolegda yang diusulkan baru 14 Prolegda yang terselesaikan yang ditarget selesai pada penghujung tahun 2012 ini selesai.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved