Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Balegda Kunjungi Kota Kediri, Jamin Raperda Rendemen Tebu Tidak Berat Sebelah

 
27 September 2012

Suara Indrapura : Badan Legislatif daerah (balegda) DPRD Jatim terus mematangkan repreda rendemen tebu dan habrur yang menjadi usulan legislatif, salah satu upaya Balegda melakukan komunikasi dengan Kota Kediri, Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) Kota Kediri, sebelumnya, Belegda mencari masukan dari Kota Malang beberapa waktu lalu,

Ketua Balegda SPRD Jatim R.B. Zainal Arifin, SH, M.Hum menyampaikan adanya penurunan rendemen tebu menjadi ke khawatiran terhadap kebutuhan pemasokan gula secara nasional. Sehingga kedipan dengan adanya perda rendemen tebu ini, nanti diharapkan mampu mengawasi kesejahteraan petani tebu di Jawa Timur.

"Dulu saat penjajahan Belanda, rendemen tebu bisa mencapai 15. Namun saat ini, tebu di Jatim rendemennya tidak lebih dari 7 sampai 8," terang politisi Partai Golkar ini.

Disampaikan wakil rakyat asal dapil jatim XI (Madura) ini, dalam reperda dirinya menjamin tidak berat sebelah, "karenanya reperda rendemen tebu menguntungkan banyak pihak, mulai petani, pabrik dan pemerintah. Sebab  selama ini, masih saja terjadi perbedaan rendemen tebu antara pabrik gula satu dengan pabrik gula lainnya," terang Zaenia.

Pada kesempatan yang saat Sumrambah, anggota Bangleng dari Fraksi PDIP menyampaikan untuk memicu produksi gula dengan meningkatkan kualitas rendemen tebu harus didukung banyak pihak. "Untuk itu , harus dilakukan kontrol dan peningkatan kualitas tebu. Caranya perlakukan khusus mulai dari pola tanam sampai proses giling di pabrik gula," Urai Sumrambah.

Selain dia, sejumlah anggota DPRD Jatim juga mendorong agar reperda rendemen tebu terus dimatangkan. Sejumlah anggota dewan yang ikut hearing dengan Pemkot Kediri adalah Ibahim Adib (PPP), Fuad Mahsuni (PKB), Erwin Budiyoto dan Anselmus Raga Milo (Gerindra), serta dewan pakar DPRD Jatim Prof.Setiabudi.

Sementara dari Pemkot Kediri antara lain, M.Yasim Asisten II Kota Kediri, mewakili Walikota Kediri H.Syamsul, serta Kadisbun Pemkot Kediri Sigit. (dok@abg)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved