Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Kerap Kunjungan, Tanpa Keluhkan Selesaikan Tugas Dewan

 
10 Juli 2012

Suara Indrapura : Anggota Dewan DPRD Jatim yang sering lakukan tugas kunjungan kerja (Kunker) tak lupa akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai wakil rakyat yang selalu utamakan kepentingan rakyat di atas segalanya. Dalam rangka melakukan tugas kedewanan dan pemerintahan, sebagai bukti hingga Juli 2012

baru lima raperda yang mampu disahkan. Meski terbilang masih kurang dari kesepakatan dari seharusnya yang sudah ada 10 raperda yang harus disahkan, per triwulan namun dewan tetap fokus dan berkomitmen pada hasil kesepakatan dan rapat musyawarah yang sudah ditetapkan.

Salah satu anggota dewan yang menjadi Ketua Badan Legislatif (Banleg) Jatim, Zainal Arifin, mengatakan memang hingga Juli 2012 ini baru lima raperda yang disahkan oleh DPRD Jatim. Namun tidak menutup kemungkinan ada lima raperda lagi segera di sidangkan, diantaranya pertama Raperda sistem pendidikan (Komisi E), Raperda bantuan hukum warga tidak mampu (Komisi C) serta raperda Lanud Abdul Rahman Saleh (Komisi D), kalau masih tertundanya pengesahan raperda ini mungkin karena banyak tugas kedewanan, sehingga perlu dibangkitkan semangat keras kerja dewan, tanpa mengeluh atau karena yang lain. Terkait kinerja dewan memang sering jadi sorotan media, tergantung kedewasaan dalam menyikapi hal ini. Di satu sisi dewan sering melakukan tugas kunjungan dan di sisi lain masyarakat mengkritisi hal semacam ini. Hal ini wajar dan manusiawi masyarakat karena sekarang sudah pandai dan dapat memahami banyaknya tugas kedewanan yang harus di emban atau di laksanakan, tidak menutup kemungkinan ini karena semata-mata hanya untuk kepentingan rakyat dan mensejahterakan rakyat. Paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jatim, Faf Adisiswo menolak jika belum maksimalnya pengesahan raperda, sebaliknya disebabkan banyak faktor dibelakangnya yang memungkinkan, karena raperda itu harus diperpanjang waktunya hingga dua sampai tiga kali. “Jadi kita tidak bisa menuding” yang jelas semua jadwal kunker sudah diseting sebaik-baiknya tanpa mengganggu tugas dewan yang lebih penting lainnya. Karena itu harus ada kesepahaman bersama, agar raperda menjadi bagian penting untuk segera diselesaikan. Katanya. (Bowo)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved