Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Lindungi Petani Jatim, Dewan Gagas Raperda Rendemen Tebu

 
23 Agustus 2012

Suara Indrapura : DPRD Jatim mengagas Raperda tentang Rendemen Tebu sebenarnya cukup sederhana yakni agar kesejahteraan petani bisa meningkat dengan raperda tersebut pemberian rendemen dari pabrik gula dapat sama-sama menghargai kwalitas tebu dengan nilai yang layak. Ketua Balegda Jatim HRB. Zainal mengatakan Raperda ini untuk menjamin nilai tukar petani (NTP) yang tinggi. Sebab selama ini yang terjadi petani dipaksa pasrah dengan nilai rendemen seolah-olah rendemen itu berbeda antar pabrik gula satu dengan pabrik gula yang lain. “ada permasalahan yang mana antar pabrik gula kurang terbuka terkait penetapan rendemen” sangat sulit untuk menggumpulkan pimpinan pabrik gula dalam satu meja, ungkapnya.
Dirinya menambahkan seharusnya ada trasparansi dari pabrik gula soal penetapan rendemen tebu, hal ini bisa berdampak pada peningkatan harga penjualan tebu petani. Raperda ini nanti akan mengatur  tentang rendemen, factor varietas dan on farm (masa tanam) “diatur bagaimana panen yang baik, cara tanam yang baik seperti apa, ini akan kita akomodir dalam pasal di raperda tersebut (red) Katanya.
Provinsi Jatim akan meningkatkan produksi gulanya kalau rendemen tebu ini diatur dalam regulasi yang berpihak kepada petani dan pengusahanya, jatim sebagai pemasok 48 persen tebu nasional akan memaksimalkan hal ini. kita sudah sampaikan kepada menteri BUMN, unutk mengurusi factor pabriknya sedangkan DPRD Jatim akan mengurusi kesejahteraan petaninya dan membantu regulasi untuk kemudahan kredit bagi petani, pihaknya juga meminta kepada pabrik gula faktor-faktor apa saja yang bisa menyebabkan rendemen tinggi dengan begitu masing-masingh pihak (petani dan pabriknya) akan saling menguntungkan, pungkasnya. (@Dock)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved