Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Sosialisasi Raperda Penting Bagi Masyarakat

 
01 Juni 2011

Suara Indrapura ;Sosialisasi raperda kepada Publik merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan. Karena perda tersebut diperuntukan bagi, bagaimana masyarakat akan menerima perda tersebut bilamana masyarakat tidak diajak bicara atau diinformasikan maksud dibentuknya perda tersebut.

Anggota balegda Jatim Hery Prasetyo mengatakan dengan perkembangan Tehnologi Informasi dan Communication (ICT), media internet, webside sangat memanjakan public dalam mengakses dan mensosialisasikan produk-produknya. Seperti yang telah dilakukan oleh DPRD jatim dalam mensosialisasikan raperda dan Perdanya di www.dprdjatimprov.go.id memudahkan masyarakat untuk mengetahui raperda  yang sedang dibahas bahkan dengan mudah memberi masukan serta koreksi raperda tersebut. Kata Hery

Masalah lain yang sering didapati adalah adanya Perda hasil copy paste dari daerah lain. Padahal Perda tersebut kurang sesuai apabila diterapkan pada daerahnya. Seyogyanya sebelum membuat sebuah regulasi diperlukan kajian yang mendalam serta cirikas daerah dimunculkan. Tambahnya

Dekumham siap memfasilitasi serta membantu daerah untuk menghasilkan Perda yang efektif dan berkualitas.

Hery  mengatakan dalam pembuatan perda kekhususan Daerah perlu diperhatikan, namun dikwawatirkan akan terbentur dengan kebijakan Pusat dan membatalkan perda.

Menanggapi hal tersebut dijelaskan bahwa daerah adalah bagian dari NKRI. Jadi kepentingan daerah jangan sampai mengalahkan kepentingan Nasional. Pusat dalam membatalkan Perda sekalu dikaji dengan mendalam.

Masalah Perda Ritribusi Pemprov mempertimbangkan Hak masyarakat setelah mereka membayar Retribusi. Kata Agus Dono. Ada take and give. Janganlah masyarakat terbebani dengan munculnya sebuah Perda tanpa mendapat solusi.

Oleh karenanya pembuat regulasi dituntut memiliki kejelian serta tujuan mulia guna mengayomi masyarakat. Meningkatnya permasalahan dimasyarakat harus diimbangi dengan regulasi yang mampu memberi solusi  serta membawa kesejukan bagi masyarakat. Kata Suparto Wijoyo.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved