Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Kebut Pembahasan Raperda

 
21 Februari 2011

Suara Indrapura: Berbagai fenomena munculnya Peraturan daerah tentang Penagihan Pajak Paksa di Jawa Timur karena  masih dijumpai adanya tunggakan pajak sebagai akibat tidak dilunasinya hutang pajak sehingga memerlukan tindakan penagihan yang mempunyai kekuatan hukum yang memaksa. Sementara Undang-Undang  No. 19 tahun 1959 tentang Penagihan Pajak Negara tidak dapat sepenuhnya mendukung pelaksanaan UU perpajakan yang berlaku.

Oleh karena itu  perlu adanya peraturan perundangan yang dapat mengatasi permasalahan mengenai tunggakan pajak dan memberi motivasi peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat akan kewajiban membayar pajak.

Ketua Badan Legislatif (Banleg) DPRD Jatim Freddy Poernomo menuturkan, semua draft sudah selesai ditelaah, panitia khusus (pansus) yang membahas perda tersebut juga selesai mengambil keputusan. Makanya pada rapat paripurna 31 Januari nanti perda Penagihan Pajak Paksa akan disahkan.
"Ini sudah final, jadi bisa dipastikan akan berlaku mulai 2011 ini," ujar Freddy, kemarin.

Politisi Partai Golkar Jatim itu melanjutkan, dengan adanya Perda Penagihan Pajak Paksa, maka eksekutif diberikan keleluasaan untuk menagih pajak pada masyarakat atau instansi yang menunggak.

Selama ini, pemerintah hanya memberikan himbauan saja pada masyarakat yang tidak membayar pajak."Untuk teknisnya nanti dilakukan dengan perlahan, jadi banyak mekanisme yang akan diatur dalam Perda Penagihan Pajak Paksa," imbuhnya.

Selain perda Penagihan Pajak Paksa, DPRD Jatim juga mengesahkan Perda perubahan nomor 5/2006 tentang pembentukan Tata Tertib Dewan. Makanya pada Januari ini akan ada dua perda yang disahkan secara bersamaan. "Sebenarnya ada tiga, tapi perda rancangan tata ruang wilayah (RTRW) belum juga rampung," sambungnya.


© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved