Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Balegda Jatim Gandeng Media Sosialisasikan Prolegda

 
13 Oktober 2009

Suara Indrapura: Keseriusan  Badan Legislasi  Daerah ( Balegda ) Jatim melibatkan media dan  masyarakat  untuk berperan serta secara aktif dalam proses membahasan perda  tampak dengan digelarnya Jumpa pers  berkaitan dengan evaluasi prolegda 2010 serta persiapan pembahasan Prolegda 2011 di Gedung DPRD Jatim Jl. Indrapura 1 Surabaya ( 13/10)

Ketua Balegda Jatim Freddy Poernomo,SH  menjelaskan , berdasarkan Pergub 6 tahun 2010 sebagaimana telah diubah dengan Pergub  63 tahun 2010 tentang Prolegda Prov Jatim. Sampai dengan bulan Oktober tahun 2010 dari 27 raperda telah ditetapkan 7 perda antara lain :
Usulan DPRD Jatim terdiri dari : Perda Tata Kelola Produk-Produk Unggulan Pertanian dan Perikanan, Perda Penanggulan Bencana di Provinsi Jawa Timur,Perda Pengelolaan Sampah Regional Provinsi Jawa Timur adapun usulan dari Eksekuti Perda Pengumpulan Sumbangan Provinsi  Jawa Timur, Perda Pajak Daerah Provinsi Jawa Timur, Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Jawa Timur Thn Anggaran 2009, Perda Perubahan APBD Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2010.

Adapun satu raperda Pengendalian Penyakit Demam Berdarah Dengue dicabut.   Saat ini ada satu raperda yang sedang dibahas, merupakan usulan dari DPRD Jatim yaitu Perubahan Perda Nomor Nomor 5 Tahun 2006 tentang Pembentukan Perda di Prov Jatim. Sedangkan  raperda yang sudah direkomendasi dan siap di bahas ada tiga raperda yaitu. Raperda tentang Perub atas perda no 4 tahun 2007 tentang Pemberdayaan Koprasi, Usaha Mikra,Kecil , dan Menengah. Merupakan usulan Legislatif, Raperda Perub Atsas perda no 10 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Lembaga Teknis Daerah Prov Jatim, Raperda tentang Peubahan Atas Perda No 8 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretarait DPRD Prov Jatim.

Anggota Balegda Agus Dono mengatakan kedepan Balegda mengharapkan sebuah regulasi memiliki legitimasi,  sesuai dengan produk hukum, Tertib hirarki perundang-undangan serta dapat diterima oleh masyarakat.

Balegda Jatim dan Pemprov Jatim akan lebih berhati-hati dalam menseleksi usulan raperda. Setiap usulan raperda harus dilengkapi dengan kajian naskah akademik.

Jasmas merupakan salah satu sarana yang tepat untuk pengkaji, mengevaluasi perda yang ada. Pengalian permasalahan yang timbul di masyarakat saat jasmaspun menjadi salah satu referensi. Dan tentunya sebuah regulasi  bermanfaat dan dapat diterima oleh masyarakat apabila raperda tersebut muncul dari masyarakat.

Malik Effendi,SH,MH sangat berterima kasih kepada  rekan – rekan media cetak dan media elektonik telah membantu Baleg menginformasikan Prolegda ke pada masyarakat. (San)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved