Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Alihkan Anggaran Untuk Infrastruktur

 
22 Februari 2013

Suara Indrapura : Dana besar bakal disuntikkan ke proyek-proyek infrasruktur dan sejumlah program prioritas lainnya, setelah sebelumnya dikepras untuk membiayai Pilgub Jatim 2013. Bahkan plot anggaran Jamkesda sebesar Rp 350 miliar di APBD Jatim dipastikan kalangan DPRD Jatim akan dialihkan untuk program kerakyatan. “Tapi menunggu proses PAK (Perubahan Anggaran Keuangan) pertengahan tahun ini,” ujar anggota Komisi E DPRD Jatim, Ahmad Iskandar.

Seperti yang dijelaskan oleh Iskandar, rencana pengalihan plot anggaran tersebut dikarenakan semua masyarakat miskin (maskin) yang telah dimasukkan di program Jamkesda guna mendapat pelayanan kesehatan gratis, kini sudah di cover dalam Jamkesmas yang dibiayai APBN. “Kuota Jamkesmas untuk Jatim naik, dari 12 juta maskin pada 2012 lalu, menjadi 14 juta. Ini seharusnya sudah lebih dari cukup,” tutur Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim.

Pada 2011 lalu, sebanyak 10 juta lebih warga miskin Jatim diberi jatah Jamkesmas untuk dapat pelayanan kesehatan gratis. Mengingat jumlah warga miskin Jatim lebih dari itu, maka jatah tersebut dirasa masih kurang. Untuk mengcover warga miskin yang tidak masuk daftar Jamkesmas dalam program Jamkesda, Pemprov Jatim bersama pemerintah daerah/kota mengadakan sharing anggaran.

Mantan kepala Biro Administrasi dan Pembangunan Pemprov Jatim menambahkan bahwa pada 2012 lalu, riilnya ada 11,8 juta masyarakat miskin yang terlayani Jamkesmas dan juga Jamkesda. Jadi, dengan penambahan kuota hingga 14 juta di tahun 2013, Iskandar berharap tidak ada lagi masyarakat miskin yang tidak terlayani. Dalam kesempatan itu, pihaknya juga berharap tidak ada lagi persoalan seperti tahun 2012 lalu. (Ajeng)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved