Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Bangkitkan Usaha Kecil Sumenep Lewat GAB

 
21 Februari 2013

Suara Indrapura : Partai politik harusnya tidak menyuarakan wacana saja. Masyarakat memerlukan aksi nyata seperti program Gerakan Ayo Bangkit (GAB). Kita patut bersyukur sekarang ada program nyata Pemberdayaan Usaha Kecil. Itulah yang diucapkan Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar, Zainal Arifin saat membuka GAB di Hotel Utami Sumenep, Sabtu (18/2).

Program GAB yang dilangsungkan di Sumenep ini merupakan episode ke VI. Sebelumnya, kegiatan ini telah digelar di Surabaya dan Malang. Pesertanya, tidak kurang dari 100 pelaku usaha kecil. Mereka dilatih tentang managerial dalam mengembangkan hingga memperkuat jaringan usahanya.

“Ditargetkan ada 1000 usahawan kecil yang masuk dalam program bersama bangkitkan usaha kecil, dalam tiga tahun,” kata anggota Komisi E ini.

Pelaku usaha kecil yang beromset dibawah Rp 2 Juta ini yang menjadi peserta GAB ke VI di Sumenep. Mereka memiliki macam-macam usaha, mulai dari penjahit, pracangan hingga nelayan. Harapannya, mereka memperoleh wawasan tentang cara mengembangkan usaha kearah yang lebih besar.

Guna memperkuat ekonomi nasional, mengurangi kesenjangan sosial dan mengatasi pengangguran, Aburizal Bakrie dan Partai Golkar melaksanakan program GAB. Selain itu, prakarsa ini diharapkan bisa mendorong semua pihak untuk ikut terlibat. Program ini diperuntukkan bagi yang berumur 19-45 tahun. Nantinya, peserta akan mendapat bantuan modal dengan jumlah yang tidak besar. Dana ini sebagai indikator apakah peserta bisa mengelolanya apa tidak.

“Nantinya akan ada evaluasi, apakah dana itu bisa berkembang atau tidak,” imbuh Gery selaku koordinator pelaksana GAB.

Di sisi lain, Mat yang termasuk peserta GAB mengaku senang mendapat kesempatan untuk menjadi peserta pelatihan. Pasalnya, sehari-hari dirinya berjualan cemilan. “Jika saya mendapat modal saya akan pergunakan untuk menambah variasi produk,” katanya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved