Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Lindungi Penyandang Cacat, Dewan Bakal Rampungkan Raperda

 
18 Februari 2013

Suara Indrapura : Tahun 2013, kalangan DPRD Jatim bakal terus bekerja keras menuntaskan raperda tentang perlindungan dan pelayanan bagi penyandang Disabilitas. Draf rancangan peraturan daerah (raperda) yang diharapkan dapat menjadi payung hukum ini merupakan upaya perlindungan terhadap para penyandang cacat (disabilitas) di Jatim.

Draf raperda tersebut dibawa ke dalam sidang paripurna, Senin (11/2). Nota penjelasan terhadap prakarsa usulan draf raperda tersebut diberikan komisi E DPRD Jatim melalui juru bicaranya, Drs M. Ibrahim Adib, SH ke hadapan para anggota dewan dan pihak eksekutif.

Menurutnya, selama ini para penyandang disabilitas sering kali tidak menikmati kesempatan yang sama seperti masyarakat normal lainnya. “Ini terjadi karena kurangnya akses terhadap pelayanan dasar, karena itu mereka perlu perlindungan,” jelas anggota Fraksi Persatuan Pembangunan Reformasi dalam sidang paripurna.

Hak konstitusional penyandang disabilitas akan terjamin dan terlindungi apabila mereka diberikan perlindungan. Sehingga penyandang cacat dapat mandiri dan berprestasi secara optimal dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta terhindar dari tindak kekerasan dan diskiriminasi.

Adib mencontohkan, bahwa kini masih sering terjadi penolakan anak penyandang disabilitas untuk masuk sekolah umum, tidak adanya fasilitas informasi atau perangkat seleksi kerja yang dapat diakses bagi peserta penyandang disabilitas. Selain itu, juga banyak terjadi penolakan untuk akses lapangan kerja, kurangnya fasilitas pelayanan publik yang dapat diakses penyandang disabilitas. “Dan masih banyak lagi. Sehingga mereka perlu dilindungi, dan kami ingin mencobanya,” kata Adib. Bahkan, berdasarkan hasil penelitian Review Program Aksi Nasional (RAN), masih terjadi kesenjangan dalam penikmatan hasil-hasil pembangunan.

Fakta ini menunjukkan adanya perlakuan tidak adil dan sikap diskriminatif yang masih sering dialami penyandang disabilitas saat memenuhi kebutuhan dasarnya. Berdasarkan data yang diperoleh dari kementrian Sosial RI, jumlah penyandang cacat di Indonesia mencapai 11.580.117 orang. Sedangkan di Jatim, tercatat 187.000 orang lebih.

Oleh sebab itu pihaknya melihat keberadaan raperda ini sangat penting sebagai upaya perlindungan bagi mereka. Ini sekaligus untuk melaksanakan perintah serta sebagai penjabaran peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Yakni UU nomor 4 tahun 1997 tentang Penyandang Cacat, UU nomor 19 tahun 2011, Peraturan Pemerintah (PP) nomor 43 tahun 1998 tentang upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat.(Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved