Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Kabel Listrik Digondol Maling, Suramadu Gelap Gulita

 
13 Februari 2013

Suara Indrapura : Lebih dari sepekan Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) gelap. Seluruh lampu penerangan jalan padam. Gelapnya jembatan, juga jalan aksesnya di sisi Madura, diduga karena kabel listrik Jembatan Suramadu dicolong.

Terganggunya penerangan jembatan Suramadu ini, membuat Komisi D DPRD Jatim meradang, Senin (11/2) setelah tahu kabel sepanjang ratusan meter sebagai salah satu infrastruktur Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) digondol maling.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim, Mahdi mengatakan padamnya lampu di sepanjang Jembatan Suramadu, dikarenakan ada laporan pencurian kabel listrik. Namun, hingga satu bulan ini, dari BPWS tidak juga melakukan tindakan perbaikan. “Satu bulan ini, Komisi D menerima laporan jika jalur di Suramadu mati lampu. Akibatnya, jalur yang harusnya terang, kini gelap gulita,” tegas Mahdi.

Selama ini, Komisi D kecewa jika BPWS dan Balai Besar V sebagai penanggungjawab jembatan Suramadu dan akses jalan Surabaya-Madura tidak segera melakukan perbaikan. Apalagi, padamnya listrik tersebut, diakibatkan lemahnya pengamanan infrastruktur yang menunjang kebutuhan Jembatan Suramadu.

“Ini sudah terjadi satu bulan, dimana lampu penerangan Jembatan Suramadu padam. Namun sejauh ini, tidak ada upaya perbaikan dari BPWS ataupun dari Balai Besar V,” terang Mahdi.Disampaikan Mahdi, komisi yang mebidangi pembangunan ini menerima pengaduan, penyebab padamnya lampu penerangan jalan di Jembatan Suramadu, karena adanya aksi pencurian kabel. “Pertama ada hilangnya kabel sepanjang 60 meter. Setelah itu, kabel sebagai infrastruktur penerangan kembali hilang sepanjang 100 meter,” terang dia.

Politisi asal Kota Probolinggo ini, menilai hilangnya sarana penerangan jalan tersebut, akibat lemahnya pengamanan terhadap akses penunjang jembatan Surabaya-Madura. “Harusnya tidak terjadi kabel litrsik yang melintas di Jembatan Suramdu hilang dicuri. Inikan mengejutkan, Jembatan Suramadu sebagai Icon Jatim, harus gelap gulita karena aliran listriknya hilang,” tandas dia. (Bintang)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved