Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Komisi E : Peduli Penyandang Cacat Rungu Wicara

 
12 Februari 2013

Suara Indrapura : Peduli akan permasalahan penyandang cacat, Komisi E DPRD Jatim (kesejahteraan masyarakat) mengunjungi UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Rungu Wicara di Jl RA Kartini No 34 Bangil-Pasuruan, Senin siang (4/2).

Kelebihan dan kekurangan bagaikan dua hal yang selalu melekat dalam kehidupan manusia. Kelengkapan bentuk fisik maupun mental merupakan anugerah yang patut disyukuri. Pasalnya, tidak semua orang terlahir sempurna. Melihat kondisi tersebut, Komisi E DPRD Jatim merasa terenyuh dan prihatin akan masa depan para penyandang cacat. Mengingat bahwa setiap warga negara termasuk penyandang cacat berhak untuk mendapatkan Hak Asasi Manusia yang sama sebagaimana tercantum dalam UUD 1945.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim, Djono mengungkapkan bahwasanya penghuni UPT Rehabilitasi Cacat Rungu Wicara yang ada di Bangil ini telah disiapkan untuk menjadi manusia yang dapat melaksanakan fungsi sosialnya, terampil dan mandiri. Paling tidak, penyandang cacat ini tidak membebani orang lain yang ada disekitarnya. “Oleh sebab itu kami memberikan bekal berupa keterampilan sesuai dengan minat dan bakatnya,” ujar Djono.

Pada kesempatan itu, Djono juga menjabarkan mengenai bantuan-bantuan yang diterima serta kekurangan yang ada di UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Rungu Wicara. “Kemarin, kami baru mendapat bantuan dari Australia berupa alat bantu deteksi pedengaran. Namun yang masih memprihatinkan yaitu kondisi bangunan di UPT ini, terutama perabotannya,” tambah Ketua Dinas Sosial Provinsi Jatim. Pihaknya menyatakan bahwa hal tersebut perlu penanganan lebih serius dari pihak pemerintah.

Politisi Fraksi Demokrat, Hery Prasetyo memberikan statement bahwasanya semua teman-teman yang ada di Dinas Sosial, baik pejabat maupun staf yang ada tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jatim harus mengedepankan anak didik terutama bagi penyandang cacat. Dinas sosial Jatim juga dirasa perlu untuk membuat pengeksposan terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan. “Hal ini guna menarik kepedulian masyarakat untuk ikut serta membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari para penyandang cacat,” pungkasnya.

Besarnya jumlah penyandang cacat penghuni UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Rungu Wicara di Bangil-Pasuruan, tidak sebanding dengan daya tampung gedung yang dirasa kurang memadai. Melihat masih tersedianya area atau lahan yang luas, Komisi E DPRD Jatim juga mengusulkan agar pihak pengelola meminta Pemerintah Provinsi dapat membangun gedung baru serta perlu adakan rehap bangunan yang mulai tidak layak huni. Sehingga rasa kekhawatiran akan ambruknya plafon atau gedung, dapat terhapuskan. (Riyon)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved