Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Tingkatkan Prestasi Olahraga, Komisi E Berguru Pada Australia Barat

 
12 Februari 2013

Suara Indrapura : Guna membahas tentang cara memajukan olahraga Jawa Timur, Komisi E DPRD Jatim mengadakan pertemuan dengan pakar di bidang keatletan, Mr. Alam, Rabu (6/2). Komisi E DPRD Jatim yang juga membidangi d Pemuda dan Olahraga, merasa khawatir akan perkembangan olahraga di Jawa Timur. Pasalnya, pada PON tahun lalu, Jatim gagal untuk memboyong medali emas dalam perlombaan.

Oleh sebab itu, Komisi E mengadakan pertemuan dengan pakar keatletan dari Australia Barat guna meminta tips mengenai langkah apa yang perlu diambil untuk meningkatkan prestasi olahraga Jatim. “Olahraga di Australia Barat ini dapat dikatakan sudah maju. Jadi tidak ada salahnya bila kami, komisi E DPRD Jatim, meminta tips dan saran dari Mr.Alam,” ujar Sugiri Sancoko selaku pimpinan rapat.

Dalam pembahasan siang itu, Alam mengatakan bahwa selama ini Jawa Timur telah berada pada track yang benar. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya rencana strategis dalam pembentukan Perda guna menunjang bakat dan potensi atlet. “Dengan demikian, saya tentu mengharapkan olahraga Jatim dapat berkiprah sampai ke jalur Internasional,” tandasnya.

Apabila melihat luas daerah dan jumlah penduduknya, Jawa Timur dapat dikatakan sebagai provinsi yang bisa mencetak atlet-atlet berbakat. Hal ini didukung dengan adanya sejumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Jatim yang menyelipkan olahraga ke dalam unit kegiatan mahasiswanya. “Keberadaan suatu lembaga pendidikan juga dianggap mempunyai peranan dalam hal mencetak atlet profesional. Jadi, kita perlu memperhatikannya,” tambah Alam.

Sebagai wakil rakyat, Komisi E DPRD Jatim mempunyai posisi yang amat strategis dalam hal memberikan motivasi dan mensosialisasikan hidup sehat kepada masyarakat agar mempunyai kualitas hidup yang lebih baik. Alam menambahkan bahwa ada dua hal yang perlu disiapkan komisi E agar hal ini dapat tercapai, yakni dukungan administrasi dan finansial serta dukungan dari berbagai pihak lain, seperti universitas.

Dukungan berupa finansial tersebut nantinya dapat difungsikan pada pengembangan sarana dan prasarana di pemusatan latihan olahraga. Lembaga ini bukanlah suatu perguruan tinggi, akan tetapi merupakan lembaga yang khusus menangani keperluan dan kebutuhan atlet secara keseluruhan, baik itu masalah gizi makanannya dan juga masalah terkecilpun. “Hingga keperluan atlet nantinya bisa terwujud untuk itu semua,” kata Alam.

Agar Jatim bisa mempunyai lembaga olahraga yang dapat dicontoh oleh lembaga di daerah lain, maka perlu adanya dukungan pendanaan pada Komisi E. Hal ini juga merupakan cara untuk meraih kesempatan dan masa depan yang cerah bagi anak-anak berbakat yang berada dipelosok manapun.

Politisi Fraksi Demokrat tersebut berharap kedepannya Jatim dapat membawa pulang medali emas yang disertai dengan arak-arakan semua warga Jawa Timur. “Mari kita wujudkan bersama-sama, mimpi-mimpi dan harapan kita untuk memajukan olahraga Jawa Timur agar mampu menorehkan prestasi gemilang dan membawa kebanggaan bagi seluruh masyarakat,” imbuh Sugiri dengan semangat. (Riyon)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved