Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pantau UPT RSTRW-Pasuruan

 
05 Februari 2013

Suara Indrapura : Kebutuhan anggaran yang diperlukan bagi 100 penghuni  UPT Rehabilitasi Sosial Tuna Rungu Wicara (RSTRW)-Pasuruan yang diberikan Dinas Sosial (Dinsos) Jatim yang terlalu minim, membuat Komisi E DPRD Jatim melakukan sidak, Senin (4/2). Sebab tingginya kebutuhan hidup sehari-hari bagi anak-anak dengan kekurangan fisik tersebut, dikeluhkan pengelola UPT Rehabilitasi Sosial Tuna Rungu Wicara (RSTRW)-Pasuruan.

Penjelasan ini, disampaikan karena support anggaran dari Dinas Sosial Pemprov Jatim, dianggap masih jauh dari    harapan. Hery Prasetyo dan Nur Muhidin,  Anggota Komisi E dari Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPRD Jatim seusai melakukan sidak, menyampaikan keluhan pengelola UPT tersebut.

“Fungsi panti bukan hanya untuk memberi perlindungan, tetapi juga memberikan ketrampilan. Karenanya UPT harus mampu memberikan sarana untuk pemberdayaan mereka, agar bisa mandiri setelah keluar dari panti nanti,” terang Nur Muhidin.

Nur Muhidin menilai kebutuhan penghuni panti di UPT Rehabilitasi Sosial Tuna Rungu Wicara-Pasuruan masih kurang representatif. Salah satunya, Komisi E melihat masih kurangnya fasilitas untuk laboratorium bahasa untuk penghuni yang menderita tuna rungu dan tuna wicara. “Mereka sudah dilatih untuk ketrampilan, namun karena anggaran terbatas. Sehingga kegiatan untuk ketrampilan tidak maksimal, sebab sarana dan prasarana belum maksimal,” terang dia.

Disampaikan Hery, kedatangan ke UPT Rehabilitasi Sosial Tuna Rungu Wicara-Pasuruan dilakukan sebagai upaya memperlengkap raperda difabel (penyandang cacat). “Ini menjadi acuan melakukan kebutuhan raperda difabel,” terang Hery.

Dikatakan Hery, saat ini banyak kebutuhan penyandang cacat yang tidak terakomodir. “Untuk itu, Komisi E mendesak agar kebutuhan penyandang cacat bisa terakomodir dengan raperda,” terang dia. (Bintang)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved