Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Nizar Zahro, Kawal Ketat APBD untuk Pembangunan Desa

 
04 Februari 2013

Suara Indrapura : Anggota DPRD Jatim dari Fraksi P2R, Nizar Zahroh yang maju dari daerah pilihan (dapil) XI (Madura) memimpin DPD Asosiasi Pemerintahan Desa (APDESI) Jatim 2013 setelah dilantik di Garden Palace, Sabtu (2/2). Dengan kekuatan dukungan Apdesi, politisi kelahiran pulau garam Madura ini, mendorong kuat agar APBD Jatim dan kebutuhan

APBN bisa direalisasikan lebih besar untuk kepentingan pembangunan dan kemakmuran rakyat desa. Sebab selama ini, pemerintah selalu kosentrasi pembangunan diwilayah perkotaan, sementara kepentingan desa cenderung terabaikan.

Untuk memperkuat kebutuhan pembangunan desa, Nizar Zahro menyampaikan jajaran perangkat desa, kepala desa dan mantan kepala desa bahu-membahu agar Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang desa segera di jadikan Undang-Undang oleh DPR RI. Selain itu, Apdesi  juga mendorong agar perangkat desa, mantan kepala desa bisa maju menjadi calon legislatif (caleg) dan duduk sebagai anggota dewan baik di pusat maupun di daerah dan provinsi.

“Kami mendorong pemerintah pusat untuk segera menyelesaikan Rancangan Undang-Undang (RUU) Desa menjadi Undang-Undang (UU). Sebab sampai ini pemerintah desa masih sangat tergantung dengan pemerintah daerah (Pemda) dan pemerintah provinsi (Pemprov),” tegas Nizar.

Padahal di satu pihak, pemerintah desa merupakan ujung tombang dari pemerintah pusat untuk menjalankan fungsi dan peranan program pemerintah secara langsung pada masyarakat. “Kami berharap, ke depan RUU Desa bisa segera digedok menjadi Undang-Undang,” tegas.

Karena dengan UU Desa dan mantan kepala desa, perangkat desa duduk di lembaga legislatif, Nizar Zahroh yakin persoalan dan beban berat pemerintahan desa akan teratasi dengan sendirinya. Karena dengan UU desa, pemerintah akan mengalokasikan sedikitnya 10 persen APBN untuk kebutuhan pembangunan di desa.

“Ini penting agar mantan kepala desa, perangkat desa yang duduk di dewan mampu mengawal pembangunan desa. Dengan begitu menguari akar semua persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia akan jauh lebih muda. “Jika desa diberdayakan, Apdesi yakin permasalahan yang dihadapi negeri ini akan mudah diatasi sebab akar permasalahan bisa diselesaikan dengan baik bukan parsial seperti sekarang. Sebab , desa merupakan representasi pemerintahan yang paling bawah,”ujarnya.

Disampaikan Nizar yang juga mnatan kepala desa di Kabupaten Bangkalan ini, jika pelaksanaan Pemilu 2014 tinggal satu tahun lagi, dimana partai politik haru bertarung bebas merebut suara rakyat dalam pemilu nanti. Potensi ini, disampaikan NIzar menjadi peluang besar Asosiasi Pemerintah Desa (APDESI) untuk menempatkan anggotanya masuk parpol dan mengikuti prosess pemilihan legislatif. Desakan ini, disampaikan pada mantan kepala desa, perangkat kepala desa agar bisa bekerja lebih maksimal dalam memperjuangkan kebutuhan pembangunan desa.

"Apdesi berharap, mantan kades bisa duduk sebagai anggota legislatif untuk memperjuangkan nasib pembangunan desa yang selama ini, cenderung tertinggal," tandas Nizar.

Lanjut Nizar, selama ini banyak kebutuhan warga dan pembangunan desa tidak diakomodir oleh pemerintah. Untuk itu, melalui perwakilan Apdesi yang duduk di legislatif, kebutuhan pembangunan desa bisa dikawal. "Sehingga desa tidak lagi tertinggal, namun juga menjadi bagian pembangunan," urai dia.

Menurutnya, selama ini banyak kebutuhan warga dan pembangunan desa tidak diakomodir oleh pemerintah. Untuk itu, melalui perwakilan APDESI yang duduk di legislatif, kebutuhan pembangunan desa bisa dikawal. "Sehingga desa tidak lagi tertinggal, namun juga menjadi bagian pembangunan,"ujarnya.

Dikatakannya apabila seorang mantan kepala desa, perangkat desa bisa menjadi Anggota Dewan baik di dapilnya maka orang tersebut tidak akan lupa dengan desanya dan bisa memajukan desanya tersebut. "Sudah saatnya kepala desa bisa harus maju menjadi anggota dewan karena saat ini reformasi pemerintahan sudah melibatkan desa dalam menjalankan roda pemerintahan," tegasnya.

Terkait anggota APDESI yang akan di dorong untuk maju caleg, Ketua APDESI Jatim yang juga anggota DPRD Jatim ini, mengatakan pihaknya sudah menyiapakan dua anggota untuk maju menjadi DPRD jatim yaitu dari dapil Kabupaten Sampang, dan Pamekasan. (bintang)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved