Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Jembatan Timbang Jalur Utara Madura Perlu Ditambah

 
31 Januari 2013

Suara Indrapura : Tahun 2013 saatnya peningkatan kualitas jalan di wilayah Madura sangat diperlukan, dimana di pulau Garam ini, memiliki jalan propinsi sepanjang 284.995 kilometer dengan lebar jalan 4 meter sampai 6 meter. Sementara  jalan milik nasional sepanjang 176,007 kilometer dengan lebar jalan antara 6 meter hingga 12 meter. Namun dengan kebutuhan pembangunan jalan yang sudah terlaksana, pemerintah propinsi Jatim maupun pemerintah daerah memerlukan kebutuhan pengawasan dan pemeliharaan jalan, sehingga kondisi jalan tidak mudah rusak, kondisi aspal yang tergerus oleh air hujan, dan jadi bom waktu di kedepan hari.
Dikatakan Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa(FPKB) DPRD Jatim Zaini Nasirudin, kebutuhan pengawasan terhadap jalur jalan yang sudah dibangun sangat diperlukan. Umtuk itu, dirinya bersama Komisi yang membidangi pembangunan di DPRD Jatim ini, mendesak agar Pemprop Jatim membangun jembatan timbang di wilayah sisi Utara Pulau Madura. Alasan Zaini, sebab selama ini pembangunan jalur baru disisi Utara Madura terus berlangsung. Tidak kurang 124 kilometer jalur jalan baru tersebut, saat ini mampu menjadi akses transportasi disisi Utara Madura.
“Oleh karenanya dalam pertemuan yang dilakukan, antara legislatif dan eksekutif dan ada usulan untuk dibangun jembatan timbang disisi Utara pulau Madura. Sebab, disisi Utara Madura tersebut jalan yang dibangun relatif baru. Namun tidak ada lembaga pengawas. Jika dibiarkan, akan terjadi kerusakan jalan yang lebih cepat dari perkiraan teknis karena beban kendaraan yang masuk ke jalur Utara pulau Madura tersebut beban tonasenya melebihi kemampuan batas maksimal jalan, “tegas politisi asal Partai Persatuan Pembangunan Jatim ini serius.
Anggota Komisi D Zaini Nasirudin merespon kebutuhan pembangunan di wilayah Madura tersebut. Meski, dirinya mendorong agar pengawasan terhadap pemeliharaan jalur jalan tetap diutamakan. Alas an politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, selama ini kondisi jalan baik milik nasional maupun milik propinsi banyak yang rusak. Namun,  Kondisi keuangan pemerintah baik APBD maupun APBN tidak mampu menyokong kebutuhan perbaikan jalan. Karena meningkatkan kebutuhan pembangunan jalur atau jalan baru. “Kita ini mudah membangun, namun tidak maksimal melakukan pemeliharaan. Akibatnya, banyak jalur jalan yang dibangun rusak sebelum waktunya. Jika terjadi seperti ini, jelas mengganggu aktifitas perekonomian masyarakat,” kata Zaini Nasirudin.
Didesak kebutuhan jembatan timbang, Kepala UPT Bina Marga Pamekasan, Muhammad Junaidi menyampaikan jika usulan tersebut akan segera disampaikan ke lingkungan dinas terkait. Dirinya mengaku setuju karena sejak dibangun nya akses jalur jalan sisi Utara Madura , saat ini mulai dilalui jalur kendaraan berat dan melebihi tonase dan kemampuan jalan. Untuk melakukan pengawasan, pihaknya akan menyampaikan usulan pertemuan dengan Komisi D DPRD Jatim tersebut PU Binamarga sehingga bisa dilanjutkan ke Dinas Perhubungan dan LLAJ Jatim.
“Kita akan sampaikan, agar usulan pembangunan jembatan timbang disisi Utara Madura direalisasikan. Karena memang pengawasan terhadap umur jalan juga diperlukan,”Kata Junaidi (noni).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved