Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

RS Haji Kurang Pedulikan Maskin

 
30 Januari 2013

Suara Indrapura : Anggota Komisi E DPRD Jatim, Achmad Iskandar, yang juga selaku Ketua Fraksi Demokrat DPRD Jatim, mengatakan bahwa selama ini RSH kurang menempatkan  posisinya sebagai rumah sakit pemerintah  yang memiliki visi misi memperhatikan masyarakat miskin. Hal tersebut diungkapkan Iskandar setelah

bertemu dengan masyarakat miskin yang melaporkan terkait pelayanan rumah sakit milik Pemprov Jatim tersebut.

“Saya merasa kaget mendengar rumah sakit ini tidak terlalu peduli dengan masyarakat miskin. Padahal, RS Haji harusnya mengemban tugas untuk melayani orang miskin. Tapi yang terjadi malah pelayanan untuk masyarakat tidak mampu justru menurun,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai bendahara DPD PD Jatim.

Keberadaan Rumah Sakit Haji (RSH) Sukolilo dinilai kurang dalam memahami keperluan masyarakat miskin (maskin). Sebagai rumah sakit berplat merah, RS Haji dinilai mengubah image sebagai rumah sakit yang membela kepentingan rakyat dan cenderung elitis. Prosentase pelayanan untuk masyarakat miskin yang sangat kecil, menunjukkan hal yang bertolak belakang dengan tugas yang harus diemban oleh RS pemerintah, yaitu ikut membantu melayani masyarakat miskin.

“Ini semua bentuk kegagalan direktur rumah sakit haji dalam menjalankan manajemen rumah sakit yang tidak menggunakan hati nurani. Sebab salah satu tugas rumah sakit pemerintah adalah ikut membantu masyarakat miskin, kalaupun juga melayani masyarakat yang mampu maka nantinya bisa menjadi subsidi silang,” tandas mantan Kepala Biro AP Pemprov Jatim.

Sehingga timbul rasa kapok yang muncul pada masyarakat miskin terhadap penolakan RS Haji, membuat mereka beralih ke RSUD Dr.Soetomo. (Ajeng)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved