Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Komisi D Desak Percepatan Perbaikan Jalan Madura

 
29 Januari 2013

Suara Indrapura : Jembatan Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia dan juga merupakan salah satu ikon kota Surabaya yang memiliki panjang 5.438 meter. Jembatan ini menghubungkan antara pulau garam Madura dengan pulau Jawa (Surabaya).
Keberadaan Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) masih belum bisa dirasakan masyrakat Madura, kecuali untuk kebutuhan penunjang sarana transportasi. Belum optimalnya keberadaan jembatan sepanjang 4,5 kilometer tersebut, karena selama beberapa tahun ini jembatan penghubung pulau Jawa di sisi Surabaya dengan pulau Madura belum bisa dimanfaatkan untuk mengungkit peningkatan ekonomi bagi wara Madura. Nah, terkait fengan persoalan ini.
Nampak hadir Ketua Komisi D Bambang Suhartono Selasa (23/1) (FPDI), Dini Riyanti (FPF) Agus Salim (FPG) , Tjutjuk Sunaryo (Fraksi Gerindra), Wakil Komisi D Mahdi (FP2R), Agus Maimun (FPAN), Zairina (F Hanura) Tjutjuk Sunaryo (F Gerindra), Nizar Zahro (FP2R), Dini RIyanti (F Partai Demokrat). Adapun sejumlah SKPD yang diajak membicarakan kebutuhan infrastruktur jalan akses pengungkit Jembatan Suramadu di sisi Madura adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bina Marga Jawa Timur wilayah Pameksan dan Balai  Besar V urusan jalan perwakilan dari Pemerintah Pusat.
Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim, Mahdi Selasa (23/1) mengakui jika keberadaan Jembatan Suramadu sampai saat ini belum banyak dirasakan warga empat kabupaten di Pulau Madura (Bangkalan, Sampang,Pamekasan dan Sumenep). Dilihat dari biaya pembangunan jembatan yang mencapai triliyunan rupiah, menurut  Mahdi kondisi ini masih jauh dengan kepentingan masyarakat yang harus didorong. Oleh karenanya, komisi yang membidangi pembangunan di wilayah Jawa Timur ini, melakukan pertemuan dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPAD) Pemprov Jatim di wilayah Madura. “Saat ini, memang sudah banyak kemajuan berarti di wilayah Madura.
Padahal semangat dibangunnya Jembatan Suramadu adalah agar bisa mengangkat potensi ekonomi di Madura. Dengan begitu di wilayah Jawa Timur semakin tipis sisi disparitas wilayah antar kabupaten dan kota,” tutur Mahdi. Lanjut Mahdi, untuk mewujudkan tujuan tersebut membutuhkan pelaksanaan administrasi jalan dengan sistem dan mekanisme perencanaan, pelaksanaan pembangunan, pengendalian operasional dan pemeliharaan hasil. “ Sekecil mungkin faktor kesalahan dan menekan munculnya permasalahan yang sangat mengganggu kelancaran pelaksanaan pembangunan. Untuk itu, pertemuan antar mitra dinas ini digelar, “terang Mahdi. (Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved