Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Asuransi Separuh Warga Jatim Belum Tercover

 
28 Januari 2013

Suara Indrapura : Kebutuhan asuransi kesehatan bagi seluruh warga Jatim ternyata belum dapat tertutupi. Tersisa 53 persen warga Jatim dari 14 juta jiwa yang tercover, hidup tanpa ditopang asuransi kesehatan apapun. Merekalah yang nanti akan masuk dalam Jaminan Kesehatan Mandiri (Jamkesman).

Program asuransi ini bertujuan untuk menjamin warga yang belum memiliki asurasi dan tidak tercover di Jamkesmas. Program tersebut dilaksanakan melalui dana yang dihimpun dari pembayaran premi oleh masyarakat. Priambodo MARS mengatakan bahwasanya program tersebut kini tengah disosialisasikan sampai ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim. “Sedang dikoreksi dan hanya akan ada beberapa revisi sederhana terkait redaksi dalam Pergubnya. Tidak lama lagi aturannya sudah akan ditanda tangani gubernur,” ungkap Tjatur, Senin (28/01).

Menyikapi kondisi tersebut, Saleh Ismail Mukadar yang juga anggota Komisi E DPRD Jatim tengah memperjuangkan 1,2 juta pemegang kartu Jamkesda bisa tercover di program Jamkesmas. “Kami saat ini tengah berjuang supaya 1,2 juta jiwa masyarakat miskin di Jatim pemegang kartu Jamkesda bisa tercover di Jamkesmas. Oleh karena itu kami  mendatangi Komisi IX DPR RI dan TNP2K,” ucap Saleh, Senin (28/1).

Saat disinggung mengenai kabar hilangnya 5.046.611 pemegang kartu Jamkesmas di Jatim, Komisi E DPRD Jatim ini segera menegaskan bahwa hal itu sudah teratasi. Pihak Scomtex yang ditunjuk untuk melakukan proses validasi sudah memasukan angka 90 persen dari angka 5.046.611 yang dianggap hilang. Politisi Partai PDIP ini juga tidak membenarkan jika ada 5.064.611 pemegang kartu Jamkesmas tidak masuk dalam data penerima Jamkesmas tahun 2013.(Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved